-->

Tingkatkan Silaturahmi, Indocement Temu Insan Pers Kotabaru


GEMA, PULAULAUT - PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP), Tbk Plant Tarjun menggelar silaturahmi dengan kalangan insan Pers di Kabupaten Kotabaru, pada Jumat (22/4/22) kemarin dilaksanakan di kantor PWI Kotabaru.

Safety Health Environment & Corporate Social Responsibility (SHECSR) Departement Head Indocement Tarjun, H Teguh Iman Basoeki, melalui tim CSR Agus Rifani menerangkan bahwa, pertemuan yang di prakarsai oleh Indocement tentunya bukan hanya dalam rangka menjalin tali silaturahmi saja, namun juga untuk saling mengingatkan dalam rangka meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di bulan Ramadhan.

Pada kesempatan silahturahmi ini juga dijelaskan terkait pelaksanaan program CSR Indocement yang terealisasi ditahun 2021 lalu melalui 5 pilar pembangunan yaitu, pilar pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya agama, dan olahraga serta keamanan.

Selain program rutin, ada beberapa yang menjadi program unggulan yaitu pada pilar kesehatan ada 2 kegiatan yang dilaksanakan termasuk kepedulian terhadap situasi pandemi Covid-19, pilar sosial budaya dan agama ada 5 kegiatan, pilar ekonomi sebanyak 3 kegiatan dan terakhir pilar pendidikan sebanyak 5 kegiatan.

“Terimakasih kepada rekan-rekan jurnalis yang tentu menjadi suatu kebanggaan bagi kami sehingga pertemuan bersama dapat terlaksana. Apalagi dibulan yang sangat baik ini untuk menjalin silaturahmi. Kami juga berkesempatan untuk menjelaskan berkenaan dengan kegiatan-kegiatan CSR yang sudah kami laksanakan,” tutur Agus kepada wartawan.

Dikatakannya juga, untuk program CSR ditahun 2021 tentunya sangat membantu masyarakat karena semua kegiatan dilaksanakan di 10 desa-desa mitra Indocement dengan jumlah keseluruhan anggaran mencapai Rp 2,341miliar.

“Alhamdulillah, ditahun 2021 kemarin kegiatan CSR kami terlaksana untuk kepentingan masyarakat, dan ditahun 2022 ini ada beberapa kegiatan yang sudah terlaksana seperti halnya di bulan Januari hingga Maret yakni, Indocement mengadakan Indocement Goes to School salah satunya dengan kegiatan memperkenalkan tentang penanganan dini pemadam kebakaran (damkar) dan prosedur evakuasi jika ada bencana pada anak-anak usia dini di Taman Kanak-Kanak,” terangnya.

Kemudian, menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan sampah non B3 dan pertanian terpadu (Integrated Farming System) di Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) pesertanya dari sekolah 2 kabupaten yaitu Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Ada pula study banding UMKM peternakan kambing/domba (Kelompok JUKAD desa mitra) ke Pusat BPTU (Kementrian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan) Kabupaten Tanah Laut, dan Pemberian bantuan bibit ikan kepada kelompok 2 petani tambak budidaya ikan air tawar Desa Serongga.

Selain itu, Indocement juga menggelar pelatihan metode fermentasi yang diikuti 27 peserta dari Desa Sidomulyo, pelatihan budidaya ikan air tawar warga Desa Tarjun dan Langadai sebagai lanjutan program CSR Tahun 2022 bidang perikanan.

Program lainnya, menyerahkan bantuan material untuk pembangunan cafe dan kios UMKM sebanyak 21 buah di kawasan wisata Goa Lowo. Gotong royong pengerasan jalan di wilayah Desa Tarjun dengan bantuan urukan sebanyak 35 rit, bantuan material untuk perbaikan jalan 8 km Desa Cantung Kiri Hilir dan pembangunan tempat ibadah, fasilitas umum serta lembaga pendidikan di beberapa sekolah.

Di awal tahun 2022, Indocement juga berhasil mendapatkan Golden Star Trophy atas pencapaian sebagai pemenang TOP CSR Awards Predikat Star/Bintang 5 selama tiga tahun berturut-turut, yang diserahkan di Jakarta pada Rabu (30/3/22) kemarin.

“Saat ini Indocement dan entitas anaknya bergerak dalam beberapa bidang usaha yang meliputi pabrikasi dan penjualan semen sebagai usaha inti dan beton siap-pakai, serta tambang agregat dan trass, dengan jumlah karyawan sekitar 5.000 orang, dengan mempunyai 13 pabrik dengan total kapasitas produksi tahunan sebesar 25,5 juta ton semen. Sepuluh pabrik berlokasi di Kompleks Pabrik Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Dua pabrik di Kompleks Pabrik Cirebon, Cirebon, Jawa Barat, dan satu pabrik di Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kotabaru, Ahmad Nurahsin sangat mengapresiasi  pertemuan yang dilakukan oleh Indocement bersama kalangan insan Pers di Kotabaru.

“Saya mewakili rekan-rekan jurnalis mengucapkan terimakasih kepada Indocement, dan pertemuan ini sangat baik sekali yang intinya untuk meningkatkan jalinan silaturahmi di bulan yang penuh barokah ini serta secara tidak langsung mengetahui program capaian CSR Indocement selama tahun 2021 kemarin. Menjadi harapan kita bersama agar pertemuan semacam ini akan terus dilaksanakan untuk meningkatkan silaturahmi antara perusahaan Indocement dan wartawan,” katanya. (Rls)










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:
Show comments
Hide comments

0 Comments:

Posting Komentar

>> Salam Hormat Buat Anda Gunakan Kotak Komentar Untuk Bertanya dan Memberikan Saran yang Membangun Jangan Menggunakan Kata yang Menyinggung dan Berbau SARA <<

Arsip Blog

Follow IG Gema Saijaan Online Follow Twetter Gema Saijaan Online
 
close
Hosting Murah