-->

Pelaku UMKM Baling Baling Dapat Dukungan ITP Tarjun



GEMA, TARJUN - Sekian banyak desa yang sudah sukses dan berhasil dibawah binaan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plan Tarjun, dan kini kembali Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) dengan nama Saranjana yang berada di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, sukses memasarkan hasil kerajinan baling baling berbahan kuningan hingga bisa menembus pasar nasional bahkan mancanegara.

Sebut saja Muhammad Kasful Anwar, penggagas UMKM Saranjana itu bisa meraup keuntungan 18 juta rupiah setiap bulannya dari hasil kerajinan kuningan yang digelutinya selama ini bersama rekan kerjanya.

Tak tanggung tanggung hasil kerajinan baling baling berbahan kuningan dari ayah tiga anak tersebut mampu menembus pasar nasional seperti, Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara dan pulau Jawa, bahkan mancanegara seperti Nigeria dan Colombia.

"Alhamdulillah, berkat dukungan dan bantuan dari Produsen Semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun, sekarang kami banjir orderan untuk modifikasi baling baling," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Management PT ITP Tarjun, Teguh Iman Basoeki mengatakan, potensi masyarakat Desa Tarjun harus lebih dikembangkan lagi dan pihaknya akan terus memberikan support untuk kebaikan bersama.

"Ya,, Kami tidak menyangka, pemasaran mereka sudah sampai ke beberapa negara hingga kedepannya potensi itu akan kita kembangkan lagi dan perusahaan siap membantu," ujarnya.



Perlu diketahui, sejak UMKM Saranjana ini terbentuk pada tahun 2020 lalu di tempat sederhana dengan peralatan seadanya dan belajar secara otodidak, namun mampu memodifikasi baling-baling untuk keperluan lomba kecepatan perahu juga perahu tangkapan hasil laut hingga kipas mobil.

Sedangkan untuk harga satuan baling-baling yang sudah di modifikasi biasa dijual bervariasi antara 200 ribu hingga 1 juta rupiah dengan waktu pengerjaan sekitar dua jam dan hingga saat ini sudah ada 928 buah baling baling terjual. Walau pun UMKM Saranjana ini masih belum mencetak baling baling sendiri namun kedepannya mereka akan belajar cara pencampuran bahan dengan kualitas yang bagus melalui bantuan pengembangan UMKM dari PT Indocement, sehingga mampu menghasilkan produk sendiri.

Disisi lain, Kepala Desa Tarjun, Sahrani menilai, apa yang dikembangkan oleh UMKM Saranjana Grup tentu berdampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan secara tidak langsung nama Desa Tarjun semakin dikenal orang, ini semua tak lepas dari support, pelatihan, dan modal oleh PT ITP Tarjun.

"Kami, atas nama warga, mengucapkan terimakasih kepada perusahaan yang telah membantu masyarakat dalam pengembangan SDM mandiri," kata Kades Tarjun.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:
Show comments
Hide comments

0 Comments:

Posting Komentar

>> Salam Hormat Buat Anda Gunakan Kotak Komentar Untuk Bertanya dan Memberikan Saran yang Membangun Jangan Menggunakan Kata yang Menyinggung dan Berbau SARA <<

Arsip Blog

 
close
Hosting Murah