Kamis, 24 Juni 2021

Pertama di Kotabaru Sekolah Alam Akan di Bangun

GEMA, PULAULAUT - Mayoritas sekolah dalam proses kegiatan belajar mengajar dilakukan di dalam ruang kelas namun berbeda dengan sekolah Alam Al Qudwah yangmana proses belajar dilakukan di alam terbuka.

Sekolah ini akan dibangun di kawasan RT 08 RW 01 Kelurahan Baharu Selatan Kecamatan Pulau Laut Sigam diatas lahan seluas satu hektar dan akan menjadi sekolah pertama di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan dengan metode belajar di alam terbuka.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru Selamat Riyadi, S.Pd.,M.Ed usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan sekolah Alam Al Qudwah, Kamis (24/6/2021) kemarin.

Ia, menuturkan, untuk pembelajaran sekolah alam ini sistemnya tetap menggunakan aturan kurikulum yang disusun oleh pemerintah akan tetapi metode pembelajarannya tidak didalam ruangan kelas namun dilingkungan atau ruang terbuka yang masih alami dan indah.

"Ya, ini luar biasa dan pertama di Kotabaru belajar di alam terbuka yang mana peserta didik akan lebih mengenal alam dan bisa melestarikannya," ucap Selamat.

Lebih luas dipaparkannya, Disdikbud sendiri dalam hal ini sangat mendukung dengan adanya sekolah Alam Al Qudwah ini dengan rekomendasi perijinan maupun perogram kegiatan dan berharap kepada ketua yayasan dan tenaga pendidik mudah mudahan kedepannya sekolah ini bisa berkembang.

Selain itu tutur Selamat, apabila kedepannya nanti sekolah alam ini bisa memenuhi ketentuan dan syarat permintaan bantuan maka kami akan memberikan bantuan dan saat ini hanya ada dua guru TK yang mendapatkan intensif dari daerah namun nanti akan diperjuangkan sehingga semuanya bisa mendapatkan insentif.

Disisi lain, Ketua Yayasan Pendidikan Al Qudwah, Muhammad Sabirinnur mengatakan, pada intinya pembangunan sekolah alam ini ingin menciptakan manusia-manusia yang handal, bertaqwa, religius dan mencintai alam.

"Dengan adanya sekolah Alam Al Qudwah ini tentu akan memberikan nuansa baru bagi dunia pendidikan di Bumi Saijaan," ujarnya.

Ia, membeberkan, nantinya di lahan satu hektar tersebut bukan hanya dibangun sekolah PAUD dan TK saja namun juga ada Sekolah Dasar.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: