Selasa, 11 Mei 2021

Aset Desa di Kotabaru Banyak Belum Terdata

GEMA, PULAULAUT - Dari ratusan desa yang ada di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan namun baru puluhan desa yang sudah menyampaikan hasil inventaris aset desanya.

Hal tersebut dikarenakan awal pendirian desa banyak aset milik desa yang tidak terdata baik barang bergerak maupun tidak bergerak yangmana tidak dibukukan oleh desa sehingga kepemilikannya tidak pasti.

Hal itu mendapat respon dari Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad saat melakukan rapat koordinasi inventarisir aset desa bersama Asisten III, Kepala Inspektorat, Plt Kadis BPKAD, camat dan kepala desa se Kotabaru di operation room setda, Senin (5/5/2021).

Dalam pemaparannya, Said Akhmad mengatakan, kepada camat dan kepala desa agar bisa bersinergi melakukan inventaris aset tersebut sehingga diketahui apa yang sudah terdata dan yang belum.agar bisa dibukukan dan secepatnya akan kita laporkan kepada Mendagri.




"Ya, apa saja yang menjadi aset daerah semuanya harus dibukukan baik barang bergerak maupun tidak," ucap sekda.

Ia, pun, tidak menampik nantinya saat melakukan inventaris aset tersebut pasti akan menemui kendala di lapangan dan kita akan cari solusinya bersama sama.

Said Akhmad, berharap agar semua aset desa bisa selesai di inventarisir mengingat waktu yang diberikan hingga Desember 2021 nanti sudah beres pembukuannya baik barang bergerak, tidak bergerak, berfungsi atau tidak berfungsi semuanya harus dibukukan.

Saat sesi tanya jawab para peserta rapat rata rata menyampaikan kesulitan dalam pendataan aset baik kecamatan maupun desa dikarenakan masih banyaknya bangunan masih status kepemilikan kabupaten dan belum ada hibah untuk kecamatan maupun desa.

Selain itu, masih banya pula aset desa yang tidak terdaftar dipembukuan sebab awal pendirian desa tersebut aset kepemilikannya tidak diketahui juga banyak yang tidak berfungsi.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: