-->

18 Pelaku UMKM Kotabaru Ikuti Pelatihan Izin Usaha Melalui Online

GEMA, TARJUN - Ditengah masa pandemi Covid-19 sekarang produsen semen tiga roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun (PT ITP) bekerjasama Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru menggelar pelatihan UMKM terkait izin usaha bagi para pelaku usaha di desa mitra perusahaan masalah pendaftaran izin usaha melalui sistem Online Single Submission (OSS), Rabu (7/4/2021).

Pelatihan ini diikuti sekitar 18 peserta UMKM desa binaan perusahaan dalam rangkaian peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa mandiri dan berinovasi dimasa pandemi sekarang.

Nampak hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kotabaru, Drs H Akhmad Rivai M Si, Konsultan Pendamping UMKM Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kotabaru, Sudiro Hasibuan, Kepala Desa Tegalrejo, Sarifudin, tim CSR PT ITP Tarjun, masyarakat Desa Tegalrejo, Serongga, dan Tarjun.

Management PT ITP Tarjun, H Teguh Iman Basoeki melalui CSR Officer Agus Rifani mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program CSR PT ITP pada pillar ekonomi yaitu program pembangunan yang berkelanjutan dengan peningkatan kapasitas SDM bahwa pentingnya perijinan usaha UMKM dan langkah-langkah pembuatan perijinan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami berharap pemaparan yang disampaikan dapat memberikan manfaat bagi usaha UMKM dalam pengurusan dan langkah langkahnya untuk ijin usaha secara online," jelas Agus.

Ia, pun, berharap, agar seluruh peserta dapat menerapkan pengetahuan yang sudah didapat ini untuk meningkatkan usaha dan kegiatan nantinya.

Disisi lain, Kepala Desa Tegalrejo Sarifudin menilai, pelatihan yang digelar oleh PT ITP sangat baik sekali untuk peningkatan SDM sehingga pelaku UMKM dapat berinovasi dan memberikan edukasi apalagi terkait perijinan bagi usaha.

“Saya mewakili masyarakat Tegalrejo memberikan apresiasi kepada PT ITP Tarjun, karena dengan pelatihan pengurusan perijinan pelaku UMKM, masyarakat dapat memasarkan produknya ke minimarket, tempat wisata dan pasar lokal,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Sudiro Hasibuan mewakili Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotabaru mengatakan, pemerintah daerah akan mendorong masyarakat utamanya pelaku UMKM dalam hal pengembangan usaha dari sisi pembuatan ijin legalitasnya.

“Terimakasih kepada Indocement yang terus bersinergi bersama pemerintah daerah, dan dan melakukan pembinaan masyarakat di desa mitranya,” ucapnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:
Show comments
Hide comments

0 Comments:

Posting Komentar

>> Salam Hormat Buat Anda Gunakan Kotak Komentar Untuk Bertanya dan Memberikan Saran yang Membangun Jangan Menggunakan Kata yang Menyinggung dan Berbau SARA <<

Arsip Blog

 
close
Hosting Murah