Jumat, 26 Maret 2021

Indocement Latih Kelompok Tani Desa Tarjun Masalah Perikanan

GEMA, TARJUN - Dimasa pandemi Covid-19 sekarang masyarakat berusaha mencari tambahan perekonomian untuk bisa memenuhi keperluan sehari hari seperti halnya yang telah dilakukan oleh kelompok tani Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan dengan membudidayakan ikan lele dan nila.

Sebelumnya, kelompok tani Desa Tarjun tersebut diberikan pelatihan perikanan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun melalui program Corporate Social Responsbility (CSR), di Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) PT ITP Tarjun, Jum'at (26/3/2021) agar masyarakat setempat mempunya tambahan perekonomian dan bisa sejahtera.

Pada kesempatan itu Management PT ITP Tarjun, H Teguh Iman Basoeki melalui CSR Officer, Agus Rifani mengutarakan, kegiatan ini sebagai implementasi program CSR pilar pembangunan ekonomi dan pendidikan, perusahaan dengan tujuan memberikan ilmu dasar dalam budidaya perikanan, sehingga masyarakat desa yang berminat dapat mengembangkan dan memanfaatkan lahan-lahan atau kolam untuk budidaya ikan.

“Kegiatan ini yang kesepuluh kalinya, dengan target minat masyarakat dalam usaha meningkatkan ekonomi keluarga dan kedepan perusahaan akan terus membina warganya sehingga lahan-lahan pekarangan yang dimiliki warga dapat dimanfaatkan dan mampu meningkatkan hasil panen guna peningkatan pendapatan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu ungkap Agus, budidaya perikanan ini dapat dijadikan sebagai alternatif tambahan perekonomian masyarakat karena menjadi salah satu sumber ikan bagi pasar dan kebutuhan lokal.

Plt Kepala Desa Tarjun, Budi Winarso, S.Sos mengungkapkan, memang kondisi lingkungan di Desa Tarjun dinilai sangat baik karena sebagian besar lahan adalah pertanian dan perkebunan juga banyak tambak tentunya sangat mendukung usaha keramba apung.

"Ya, memang selain pertanian kita juga perlu usaha perikanan baik hasil tangkapan laut maupun tambak yaitu keramba apung untuk bisa menambah perekonomian warga," ucapnya.

Ia, pun, berpesan agar pelatihan ini benar benar dimanfaatkan dengan baik oleh warga dan giat berusaha karena apa yang telah diberikan oleh perusahaan adalah modal dasar peningkatan ekonomi.

Salah satu peserta Desa Tarjun, Ragil mengaku sangat senang karena adanya pelatihan oleh pabrik semen Tiga Roda tersebut sebab Desa Tarjun merupakan jalur sungai besar dan ada anak sungai serta kolam alami yang tentunya sangat mendukung budidaya perikanan.

"Ya, kami akan memanfaatkan lahan yang yang ada dan mempraktekkan juga mengembangkan bantuan bibit yang diberikan PT ITP melalui CSR-nya dan berharap kedepan panen melebihi target untuk menambah penghasilan bagi keluarga dan meningkatkan perekonomian di desanya,” ungkap Ragil.









- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: