Sabtu, 13 Februari 2021

Zona Merah, Satgas Covid-19 Kotabaru Jalankan PPKM Micro

GEMA, PULAULAUT - Pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menginstruksikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Nomor 3 Tahun 2021 yang diterapkan di 7 provinsi yaitu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali.

Walaupun Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan tidak termasuk daerah yang diinstruksikan untuk menjalankan PPKM micro akan tetapi satgas Covid-19 Kotabaru tetap melakukan kegiatan tersebut sebab kota yang bergelar Bumi Saijaan itu kembali berstatus zona merah. 

Dalam hal ini, TNI-Polri terus melakukan sosialisasi masalah Covid-19 kepada masyarakat hingga kepelosok pedesaan agar mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang ditetapkan oleh pemerintah yaitu 5M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi interaksi.

Untuk mengurangi pemaparan C19 di masyarakat tim Satgas Covid-19 Kotabaru mendatangi pusat keramaian seperti, pasar, pusat perbelanjaan, pelayanan publik, dan lainnya. Dengan melakukan penyemprotan desinfektan juga membagikan masker.

Selain itu, satgas C19 juga melalukan sosialisasi dan edukasi melalui media cetak, online, dan elektronik agar masyarakat lebih mengetahui bahaya Covid-19 dan bagaimana menghindarinya.


Seperti yang dilakukan oleh Kasdim 1004/Kotabaru Mayor Inf Samsul Kusairi, Kamis (11/2/2021), selain turun kelapangan kita melakukan sosialisasi prokes dan PPKM melalui media Radio Gema Saijaan 102 FM milik pemerintah daerah. 

"Ya, selain kelapangan kita juga gunakan media radio untuk sosialisasi prokes dan PPKM micro agar masyarakat bisa lebih mengetahuinya hingga pelosok," katanya.

Ia, pun, menjelaskan bahwa, PPKM micro ini berlaku mulai tanggal 9-22 Pebruari 2021 yang mana posko Covid-19 akan dikelola oleh desa baik pengecekan, penanganan, dan lainnya sesuai dengan instruksi dari Mendagri nomor 3 tahun 2021.

Diharapkan, semua lapisan masyarakat bisa disiplin protokol kesehatan agar penangan Covid-19 bisa cepat diatasi sebab peran serta masyarakat sangat diperlukan jadi bukan hanya pemerintah saja akan tetapi bersama sama kita lawan Covid-19.

Informasi dihimpun dari Dinas Kesehatan Kotabaru untuk kasus Covid-19 edisi Jum'at (12/2/2021) total yang terkonfirmasi positif 1.063 orang, dinyatakan sembuh 861 orang, dalam perawatan, 166 orang, meninggal 36 orang.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: