Minggu, 31 Januari 2021

1.305 Vial Vaksin C19 Disalurkan Dinkes Kotabaru ke RSUD PJS dan Puskesmas

GEMA, PULAULAUT - Setelah menerima 3.080 vaksin C19 dari provinsi Kalimantan Selatan tanggal 26 Januari 2021 lalu, kini Dinas Kesehatan Kotabaru mendistribusikan 1.305 vial vaksin kepada 28 Puskesmas dan RSUD Pangeran Jaya Sumitra untuk vaksinasi yang tersebar di 22 kecamatan dengan pengawalan keamanan TNI-Polri.

Hal itu disampaikan Plt Dinas Kesehatan Kotabaru Hj Ernawati, Minggu (31/1/2021) memang kami sudah melakukan pendistibusian vaksin C19 mulai tanggal 29 Januari 2021 tadi kepada 28 Puskesmas yang ada di Kotabaru, akan tetapi mengingat geografis wilayah Kabupaten Kotabaru kepulauan sehingga pendistribusian vaksin dilakukan bertahap.

"Ya, ada 656 vial vaksin C19 yang sudah disalurkan kepada beberapa Puskesmas dengan pengawalan TNI-POLRI baik jalur laut maupun darat," ucapnya.

Ernawati membeberkan, untuk pelaksanaan serentak nanti ada 10 role model vaksin C19 yang disediakan pada Selasa, 2 Februari 2021 nanti di Hotel Grand Surya Kotabaru.

Ditegaskannya bahwa, vaksin ini bukan obat akan tetapi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit yaitu Virus Covid-19 . Selain itu sudah dinyatakan halal oleh MUI serta aman dari BPOM.

Ia, pun, menghimbau kepada semua masyarakat kotabaru tercinta untuk mematuhi wajib protokol kesehatan dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun, sayangi diri, keluarga, juga lingkungan kita dengan 3 M yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan setiap saat, Menjaga jarak, dan 3 T plus yaitu, Testing, Traching , Treatment, plus Vaksinasi.

"Mari kita wujutkan masyarkat yang sehat dan produktif dengan vaksinasi Covid-19," kata Ernawati.

Adapun tahap pertama pendistribusian vaksin C19 yaitu, Jum'at, 29 Januari 2021 ada 354 vial vaksin C19 dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya disalurkan untuk 11 Puskesmas di sembilan kecamatan dipusatkan di Puskesmas Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir.

Dan tahap kedua, Sabtu 30 Januari 2021 kembali 90 vial vaksin C19 di distribusikan ke Puskesmas Sampanahan, Puskesmas Tanjung Samalantakan, dan Puskesmas Gunung Batu Besar dengan suhu 4,5 melalui Fery penyeberangan Stagen-Tarjun.

Melalui jalur laut, ada 40 vial vaksin C19 untuk Puskesmas Pudi dan Puskesmas Tanjung batu dengan suhu 3,6. Sedangkan 172 vial lagi dengan suhu 2,4 di distribusikan kepada Puskesmas Tanjung Seloka, Puskesmas Tanjung Lalak, Puskesmas Tanjung Selayar, dan Puskesmas Marabatuan, yang dipusatkan di Puskesmas Lontar .

Sedangkan untuk wilayah perkotaan akan dilaksanakan Senin, 1 Februari 2021 kepada RS PJS Ktb dan Puskesmas di Kecamatan Pulau Laut Utara, Kecamatan Pulau Laut Sigam ,Kecamatan Pulau Laut Tengah, dan Kecamatan Pulau Laut Timur.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: