Sabtu, 07 Maret 2020

Peringati HPSN 2020, Indocement Bersama Warga Peduli Lingkungan

Peringati HPSN 2020, Indocement Bersama Warga Peduli Lingkungan

GEMA, LANGADAI - Sebagai bukti nyata kepedulian terhadap lingkungan khususnya di desa binaannya management Indocement Plant Tarjun memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 bersama warga Desa Langadai melakukan kegiatan renovasi, pengecatan balai atau tempat bank sampah, kantor desa, kantor bumdes, pos jaga dan lainnya, Jum'at (6/3/2020).

Selain itu pihak perusahaan juga merangkai peringatan HPSN itu dengan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya langkah pencegahan Virus Corona (Covid-19).

Direktur SDM Indocement, Antonius Marcos mengatakan, kegiatan peringatan HPSN ini dirangkai dalam program Indocement Goes To Community (IGTC) sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan konsistensinya dalam pengembangan Desa Mitra.

Kegiatan IGTC ini ungkapnya, diikuti sekitar 80 peserta terdiri dari Direksi, General Manager, Plant Manager, IMI, SP-ISI, Perwakilan Karyawan Indocement, Masyarakat, Unsur Muspika Kecamatan, mulai pukul 07.00-10.00 Wita.

"Kita turun semua kelokasi, karena perusahaan peduli dan konsisten terhadap pengembangan desa mitranya," ungkap Antonius.

Ia, pun, bersama jajarannya melakukan kunjungan kewisata hutan mangrove di Desa Langadai yang kini tumbuh subur dan menjadi alternatif destinasi wisata warga setempat dan sekitarnya berkat Adawiyah salah seorang warga setempat yang membangun kembali hutan mangrove karena  rusak dan tidak terpelihara mulai 2011 lalu hingga sekarang dengan menanam ribuan bibit.

Dipaparkannya lebih luas, semangat ibu Adawiyah ini diharapkan nantinya bisa tertular kepada generasi muda hingga mereka pun juga bisa cinta terhadap lingkungan akhirnya keasrian hutan mangrove akan tetap terjaga dengan baik dan perusahaan Indocement akan terus membantu membimbing sehingga Desa Langadai dengan wisata hutan mangrovenya dapat lebih dikenal dan dirasakan manfaatnya.

Menanggapi hal ini, Camat Kelumpang Hilir, Johannudin sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Indocement atas sinergitas yang terjalin dengan kegiatan IGTC, dimana kegiatan ini dinilai sebagai kegiatan positif dan masyarakat harus sadar arti lingkungan yang bersih dan sehat.

"Ya, kami sangat berterimakasih kepada pihak Indocement yang terus bersinegri dengan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan," ujar camat.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu local hero Desa Langadai, Adawiyah sangat senang dan bangga adanya kegiatan yang digelar Indocement sebab ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Ia, pun, membeberkan masalah pengelolaan sampah karena salah satu langkah memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat terhadap lingkungan sebab sampah bila dipilah pilih akan bernilai ekonomis sehingga masyarakat dapat menikmati langsung.

"Pada dasarnya selain lingkungan bersih sampah juga bernilai ekonomis dan bisa menambah penghasilan warga," tuturnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Bupati: Masyarakat Jangan Panik Menghadapi Virus Corona

Bupati: Masyarakat Jangan Panik Menghadapi Virus Corona

GEMA, PULAULAUT - Mayoritas masalah virus Corona sudah menjadi perbincangan hangat di seluruh negara dan mereka pun melakulan antisipasi agar virus tersebut tidak menyebar di negaranya, hal itu juga dilakukan oleh Pemkab Kotabaru Kalimantan Selatan.

Langkah awal sudah dilakukan pemerintah setempat dengan melakukan sosialisasi kepada puskesmas di 22 kecamatan agar masyarakat jangan panik namun menjaga kebersihan, pola makan, dan banyak berdoa agar terhindar dari penyakit dan maraknya virus corona yang menyebar saat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi jajarannya saat melakukan jumpa pers dengan awak media, Jum'at (6/3/2020) di kantin Sekretariat Daerah.

"Kita jangan panik namun sebaliknya harus tenang menghadapi masalah virus Corona ini, intinya jaga kebersihan dan banyak berdoa kepada yang kuasa," kata bupati.

Terkait masalah penjualan masker dengan harga yang meroket karena diserbu warga bupati mengingatkan itu kan hanya salah satu alat pencegahan saja namun kembali kepada masing masing diri dalam menjaga kebersihan agar bisa terhindar dari penyakit.

"Ya, nanti instansi terkait akan melakukan pengecekan masalah penjualan masker itu jangan sampai ada orang yang mengambil kesempatan masalah virus Corona ini," jelasnya.

Disinggung mengenai Kotabaru merupakan jalur yang dilalui oleh kapal-kapal luar negeri, Orang nomor satu di Bumi Saijaan ini akan memerintahkan kepada instansi terkait seperti Syahbandar, Kesehatan Pelabuhan,  agar dapat mensterilkan dan memeriksa kesehatan para ABK kapal sebelum mereka naik kedaratan Kotabaru.

Disisi lain, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hj Ernawati menjelaskan, saat ini pihaknya sudah melakukan penyuluhan-penyuluhan tentang hidup bersih dan sehat baik itu melalui media sosial, radio, bahkan langsung dengan masyarakat.

"Pola hidup bersih dan sehat ini harus kita tingkatkan bersama, dengan itu Insya Allah kita akan terbebas dari corona," ungkapnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online