Minggu, 05 Januari 2020

KPU Kotabaru Launching Pemilihan Serentak Bupati dan Wakil Bupati

KPU Kotabaru Launching Pemilihan Serentak Bupati dan Wakil Bupati

GEMA, PULAULAUT - Untuk memberikan informasi lebih awal kepada masyarakat tentang pemilihan serentak bupati dan wakil bupati di Kotabaru pada 23 September 2020 nanti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru menggelar launching pemilihan serentak, Sabtu (4/1/2020) malam di taman Siringlaut.

Nampak hadir Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru, Setda, Ketua DPRD Kotabaru, Ketua KPU Kalsel, Ketua Bawaslu, dan perwakilan KPU 13 kabupaten/kota se Kalsel.

Acara diawali dengan tepuk mayang oleh para pejabat yang hadir disaksikan perwakilan KPU 13 kabupaten/kota se Kalsel dan undangan.

Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin, menyampaikan, saat ini KPU sudah melakukan berbagai tahapan mulai 2019 hingga 2020 diantaranya membuka panitia pemilihan kecamatan, kelurahan, dan desa untuk melakukan pendataan warga.

Ada dua jalur pencalonan nantinya untuk balon bupati dan wakil bupati yang bisa dilakukan namun ada syarat yang harus mereka persiapkan dari sekarang sebagai bakal calon.

"Untuk jalur perseorangan harus mempunyai dukungan sebanyak 22.314 suara melalui KTP yang tersebar di 12 kecamatan sedangkan untuk jalur partai harus mempunyai dukungan sekitar 20 persen kursi DPRD," ucap Zainal.

Kita, tambahnya hanya bisa berharap peran serta masyarakat untuk bisa ikut mensukseskan pemilihan serentak bupati dan wakil bupati 23 September 2020 nanti dengan memberikan data akurat kepada petugas dan menggunakan hak suaranya untuk kemajuan daerah.

Disisi lain Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, mengungkapkan, Pemerintah Daerah sangat mendukung adanya louncing atau peluncuran pemilihan serentak bupati dan wakil bupati Kotabaru dari KPU ini sebab dapat memberikan informasi lebih awal kepada masyarakat tentang pilkada.

"Louncing ini kan informasi awal kepada masyarakat tentang pilkada agar mereka seluruh komponen bisa menggunakan hak suaranya pada pilkada nanti," kata bupati.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online