-->

SMK2 Tanbu MoU Dengan PT Indocement

GEMA, SIMPANGEMPAT - Dalam rangka menyiapkan lulusan yang berkualitas, SMK Negeri 2 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu melakukan MoU dengan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant 12 Tarjun.

Hal ini terkait dengan ditetapkannya SMK Negeri 2 Simpang Empat Tanbu menjadi sekolah unggulan bidang Otomasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang diberikan pemerintah pusat melalui Direktorat SMK kemendikbud.

Selain itu, SMK Negeri 2 Simpang Empat juga sebagai pusat keunggulan (Center of Excellent/CoE) sehingga menggandeng perusahaan produsen semen merk tiga roda di Kabupaten Kotabaru, Jum'at (11/12/2020).

Acara berlangsung di Aula SMKN 2 Simpang Empat, dihadiri Pengawas Pembina SMK Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. Agus Haris Purwito, M.M, Kepala Sekolah yang diwakili Wakasek SMK Negeri 2 Simpang Empat, Eny Astuti, S.E, General Manager PT. ITP, Tbk Plant 12 Tarjun yang diwakili Plant Division Manager. Ir  H. Agus Fahri Rasad beserta jajaran Manajemen.

Pada kesempatan tersebut, pengawas SMK Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. Agus Haris Purwito, M.M, kami mendukung dan mengapresiasi kegiatan CoE karena program ini diluncurkan guna membantu pemerintah untuk mencetak lulusan SMK yang unggul dan handal.

Perlu diketahui, Program CoE (Center of Excellence) merupakan program Direktorat SMK Kemendikbud yang diluncurkan sebagai upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan, yang mana salah satu amanatnya adalah revitalisasi SMK secara komprehensif dan bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kerja, serta mampu mengembangkan potensi dalam berbagai bidang.

"Ya, agar bisa mencapai semua itu kita harus mengembangkan SDM yang ada di SMK baik pendididk maupun peserta didik," kata Agus.

Lebih luas dibeberkannya, kerjasama ini dilakukan guna mendukung revitalisasi SMK dan percepatan kualitas pendidikan vokasi, termasuk menjalin kerja sama membentuk tim kerja pembinaan dan pengembangan pendidikan vokasi yang dibangun selaras dengan dasar pernikahan, link and match antara satuan pendidikan vokasi dengan IDUKA.

Ditambahkannya, hal tersebut mencakup sinkronisasi kurikulum, guru tamu dari kalangan pakar  dan program pemagangan IDUKA, serta adanya uji kompetensi atau sertifikasi kompetensi bagi lulusan vokasi, dan bagi guru vokasi, sistem ini merupakan perwujudan dasar yang sudah diiharmonisasikan oleh seluruh pihak dan semoga harmonisasi ini dapat mempercepat lahirnya lulusan vokasi yang kompeten dan unggul yang nantinya berdaya saing dalam pemenuhan di pasar kerja.

Disisi lain, Kepala SMK Negeri 2 Simpang Empat, melalui Wakasek Bidang Kurikulum, Eny Astuti, S.E, Ribut Giyono, S.Pd, M.M, mengucapkan terimakasih kepada IDUKA, PT. ITP, Tbk Plant 12 Tarjun atas terlaksananya kegiatan workshop dan penandatangan nota kesepahaman atau MoU yang digelar dalam rangka launching kerjasama dengan industri.

Kami, sebagai lembaga pendidikan sangat mengapresiasi terjalinnya kerjasama dengan industri ini karena sangat terbantu dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan di SMK Negeri 2 Simpang Empat, Begitu juga dengan seluruh guru dan tenaga pendidik melalui program yang telah digiatkan dalam mempercepat pelaksanaan yang selaras link and match.
 
Ia, pun, berharap Program Center Of Excellent (CoE) dengan prioritas unggulan di jurusan ini nantinya bisa lebih meningkatkan daya serap lulusan SMK Negeri 2," tuturnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share:
Show comments
Hide comments

0 Comments:

Posting Komentar

>> Salam Hormat Buat Anda Gunakan Kotak Komentar Untuk Bertanya dan Memberikan Saran yang Membangun Jangan Menggunakan Kata yang Menyinggung dan Berbau SARA <<

Arsip Blog

 
close
Hosting Murah