Kamis, 03 Desember 2020

Indocement Peduli Kembangkan Wisata Goa Lowo Tegalrejo

GEMA, TEGALREJO - Berawal dari pertemuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru, kini tercipta wisata Goa Lowo yang menjadi daya tarik pengunjung lokal maupun luar

Hal itu disampaikan Management PT ITP Tbk Plant Tarjun, H Teguh Iman Basoeki, Rabu (2)12/2020), memang awalnya perusahaan diundang sebagai narasumber sharing masalah peranan CSR bagi pengembangan Bumdes.

"Ya, awalnya perusahan di undang sebagai narasumber oleh pihak Bumdes dan akhirnya terciptalah wisata Goa Lowo berkat gotong royong bersma," ucapnya.

Selain itu ungkap Teguh, dalam pengelolaannya wisata Goa Lowo sebagai wisata baru dalam pengembangannya Pemkab Kotabaru bersinergi dengan PT Indocement untuk mempromosikannya.

"Memang ini bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan konsisten dalam pengembangan desa mitra," katanya.

Ia, pun berharap kontribusi yang diberikan perusahaan bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya Desa Tegalrejo yang mana bisa menjadi desa unggulan dari desa lainnya berkat dukungan masyarakat untuk bergerak, berkarya, dan bersinergi.

Disisi lain, Pejabat Bupati Kotabaru yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Muhammad Syarifuddin saat membuka rakor camat se Kotabaru mengatakan, pengelolaan wisata Goa Lowo di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru ini harus dikelola dengan optimal karena akan berimbas pada peningkatan ekonomi warga sekitar.

"Ya, harus dikelola dengan optimal pengembangannya karena berimbas pada menggeliatnya perekonomian warga juga pendapatan asli daerah," tuturnya.

Selain itu, wisata Goa Lowo ini keberadaannya mendapat dukungan serius dari PT Indocement tunggal prakarsa Tbk Plant Tarjun dan kita juga apresiasi kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Cipta Pesona melalui Bumdes sehingga bisa terwujudnya rest area bersantai yang asri.

Terpisah, Tri Widodo penggagas pembangunan wisata Goa Lowo, di Desa Tegalrejo menyampaikan, banyak potensi yang dapat dikembangkan sebagai objek wisata dan jika dikelola dengan baik potensi itu bisa menjadi penguatan ekonomi masyarakat juga sumber PAD yang optimal.

Selaku pengelola kami menghadirkan kesenian tradisional warga Desa Tegalrejo. Selain diadakannya UKM juga tersedia beragam wahana untuk pengunjung diantaranya, flying fox, outbound, tempat camping, jogging track, kolam renang, dan wahana yang nantinya dapat memanjakan para pewisata.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: