Sabtu, 10 Oktober 2020

Melalui CSR Indocement, Peternak Kambing Dilatih Membuat Pakan Fermentasi

GEMA, SERONGGA - Dalam peningkatan usaha peternakan selain memperhatikan kesehatan ternak dan kebersihan kandang juga harus menyediakan pakan ternak yang sehat baik nutrisi terjamin dan tidak tergantung pada musim sebab para peternak mengalami kesulitan komendapatkan sumber pakan sebab tanaman di musim kemarau akan mengalami kekeringan.

Melihat situasi tersebut produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Pusat Pelatihan, Pemberdayaan Masyarakat (P3M) melaksanakan pelatihan pembuatan pakan ternak dengan metode fermentasi, Kamis (8/10/2020), agar peternak kambing di Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir bisa tetap beraktivitas dengan penyediaan stok pakan walaupun masuk musim kemarau.

Perwakilan Management Indocement Tarjun, I Wayan Kedep Sudhiarta mengatakan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya dukungan pihak perusahaan untuk membantu usaha para peternak hewan kambing agar lebih meningkat sehingga berimbas kepada perekonomian warga.

"Memang, ini salah satu program perusahaan untuk membantu para peternak sehingga tidak ada kendala pada ketersedian pakan apalagi masuk musim kemarau," ucapnya.

Ia, pun, berharap dengan adanya pelatihan tersebut ilmu yang di dapat para peserta tentu bisa dipraktekkan dalam hal pembuatan pakan ternak dengan metode fermentasi sehingga ketersedian pakan tidak lagi tergantung dengan keadaan musim.





Sementara, PPL bidang peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, M Taufik menyatakan, kegiatan ini sangat bagus sekali untuk para peternak kambing yang berada di bawah binaan Indocement, namun pihaknya juga akan bertanggungjawab dan membina khususnya sisi kesehatan hewan ternaknya.

“Kami dari Dinas Pertanian Kotabaru secara langsung juga bertanggungjawab terkait dengan kesehatan hewan dan rutin mengontrol agar kedepan dalam pengembangannya bisa lebih baik," ungkapnya.

Disisi lain, Kepala Desa Serongga Akhyar Maulana, S.STP menyampaikan, selama ini para peternak kambing di desanya kesulitan pakan ternak bila musim kemarau tiba dikarenakan pakan alam sulit dicari karena kering dan lokasi pakan juga sangat jauh sehingga untuk menjaga usaha tetap stabil mereka banyak menjual ternaknya walaupun belum layak.

Lebih luas dijelaskannya, dengan adanya pelatihan kepada para peternak tentu akan memberikan dampak positif sebab mereka bisa melakukan fermentasi terhadap pakan ternak kambing melalui kajian dan sudah berhasil karena mempunya kelebihan seperti, tidak perlu setiap hari mencari rumput, bisa disimpan lama dan mempercepat penggemukan serta lebih murah biaya.

"Ya, hasil pengetahuan kajian itu dibagikan kepada peternak lain sebab bahannya sangat mudah yaitu, tetes tebu, gula merah, dedak, dan daun daunan disekitar rumah," kata kades.

Saya atas nama warga mengucapkan terimakasih apa yang telah dilakukan oleh Indocement, ini awal masyarakat berinovasi khususnya peternakan kambing dengan harapan dapat meningkatkan swasembada pangan di daerah.

"Ya, kita sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan karena dengan adanya pelatihan ini tentu sangat membantu warga dalam peningkatan SDM peternak," tuturnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: