Jumat, 11 September 2020

Guru SMKS Kodeco Dapatkan Sertifikasi Kompetisi Industri Dari Indocement


GEMA, TARJUN - Untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dalam proses pembelajaran disekolah dan kebutuhan dunia usaha atau industri dengan keterampilan standar relevan yang harus dimiliki sehingga membuat sekolah harus siap menghadapi era industri 4.0.

Menyikapi hal tersebut produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun memberikan sertifikasi kompetensi teknik pengelasan kepada empat orang tenaga pengajar di SMKS Kodeco Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, yang mana sebelumnya lebih dulu dilakukan training, magang, dan studi banding.

Hal itu disampaikan perwakilan Manajemen Indocement Pabrik Tarjun Restu Yuwono, Jum'at (11/9/2020), bahwa sertifikasi ini diberikan untuk memberikan standar kompetensi yang dibutuhkan oleh industri dan nantinya bisa menjadi bahan pembelajaran juga peningkatan pengetahuan keterampilan bagi peserta didik.

"Ya, dengan adanya sertifikasi ini bisa menambah SDM sedangkan perusahaan hanya memberikan pendampingan kepada SMK mitra dengan studi banding, training, dan magang," ucapnya.

Ia, pun, menjelaskan, dukungan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan melalui Corporate Social Reponsibility (CSR) sesuai dengan prinsip Sustainability Development Goals (SDGs) 2030, agar dunia pendidikan lebih berkualitas dan mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup bagi semua.

Selain itu ungkap Restu, program ini bagian dari vokasi yang mana upaya mendukung program Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI dan perusahaan komitmen dengan MoU ini karena kepedulian perusahaan terhadap pendidikan bagi siswa-siswa yang berada di Kalimantan Selatan.

"Memang, kami mengajak kepada tenaga pendidik untuk bersama melakukan refocussing pendidikan vokasi dan meningkatkan kompetensi mengajar juga keterampilan yang dimiliki sesuai dengan sains dan teknologi," tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kepala SMKS Kodeco Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu melalui Wakil Kepala Sekolahnya Wahyu Linardi MT, sangat mengapresiasi dengan program yang telah dijalankan oleh perusahaan yang mana empat guru memperoleh sertifikasi kompetensi industri.

"Alhamdulillah, dengan adanya MoU ini tentu pendidikan bagi siswa akan lebih bagus lagi," katanya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: