Kamis, 20 Agustus 2020

Tingkatkan SDM Pengelola Goa Lowo Indocement Lakukan Bimtek

GEMA, TEGALREJO - Dari sekian banyak program yang telah dilakukan pihak PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plan Tarjun melalui CSR nya, salah satunya pengembangan destinasi wisata Goa Lowo di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru.

Melihat perkembangan wisata Goa Lowo yang pesat dan menjadi perhatian para pelancong baik lokal maupun luar daerah karena jaraknya hanya sekitar 500 meter dari jalan raya utama dan berbagai fasilitas yang tersedia seperti bermain anak, outbond, kolam renang dan lainnya.

Semua itu memerlukan pengelolaan yang baik juga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga perusahaan produsen semen tiga roda melalui program CSR nya memfasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Citra Pesona, Rabu (19/8/2020).

Selain itu, perusahaan juga memberikan bantuan semen untuk pembangunan fasilitas Goa Lowo diantaranya kebun buah dan hal lainnya agar bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Management Indocement melalui tim CSR nya, Agus Rifani menjelaskan, perusahaan melihat potensi wisata Goa Lowo sangat menjanjikan untuk dikembangkan dengan harapan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan juga bagi daerah.

"Iya, perusahaan akan terus mendorong kemajuaan pembangunannya karena wisata Goa Lowo ini bisa dijadikan salah satu wisata andalan Kotabaru," ucapnya.

Ia, pun, mengungkapkan, melalui pelatihan yang diberikan kepada Pokdarwis Citra Pesona dibawah naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pesona Rejo Jaya tentu akan meningkatkan SDM masyarakat dengan harapan nantinya bisa melaksanakan pengelolaannya dengan baik.

Initnya, beber Agus, dengan pengelolaan yang baik maka kemajuan pembangunan pun akan diraih sebagaimana harapan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan melalui Pokdarwis akan mampu mengelola secara berkelanjutan.

Dikatakannya lebih jauh, Indocement melalui program CSR nya banyak memiliki program yang berkenaan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), hal tersebut menjadi modal awal yang sangat bagus, dan pelatihan yang digelar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru beserta dengan Bumdes.

Sementara Camat Kelumpang Hilir, Johanuddin menilai dengan adanya pelatihan oleh PT Indocement Tunggal Prakarsa yang bekerjasama dengan instansi terkait tentu sangat baik sekali dan pihaknya mendukung pengembangan potensi wisata didaerahnya tersebut.

"Memang, dengan adanya Bimtek untuk Pokdarwis ini tentu akan meningkatkan SDM warga dan mendukung program pemerintah sesuai visi misi bupati yaitu Agrobisnis dan Pariwisata," jelasnya.

Atas nama masyarakat Kelumpang Hilir Johanuddin mengucapkan terimakasih kepada Indocement atas bantuannya untuk perkembangan pembangunan di wilayahnya.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru, Zulhan Fatoni menuturkan, pihaknya sangat apresiasi atas pelaksanaan Bimtek untuk Pokdarwis dalam hal pengelolaan Goa Lowo.

“Pelatihan ini pastinya memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat setempat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Selain Bimtek PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plan Tarjun juga akan merencanakan pelatihan keselamatan oleh tim safety Indocement pada Jumat (21/8/2020) dan Selasa 25 Agustus juga akan digelar kembali pelatihan yang berkenaan dengan pengelolaan lingkungan dengan narasumber dari Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: