Kamis, 16 Juli 2020

Panen Padi Sawah Desa Teluk Masjid Meningkat 8 Ton Lebih

GEMA, BERANGAS - Lahan padi sawah 100 hektar untuk empat desa yang diprogramkan oleh pemerintah bagi petani kini terus meningkat hasil panennya.

Dari empat desa yang saat ini sudah melakukan panen padi sawah adalah Desa Sungai Pasir Juni kemarin dengan capaian hasil panen gabah kering 6,7 ton sedangkan Desa Taluk Masjid mencapai 8,98 ton.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Ir Hairuddin saat panen padi sawah, Rabu (15/7/2020) di Desa Teluk Masjid Kecamatan Pulau Laut Timur.

"Alhamdulillah, panen padi sawah di Desa Teluk Masjid kali ini meningkat hingga 8,98 hektar gabah kering," ucapnya.

Memang ungkapnya, sudah ada dua desa yang telah melakukan panen padi sawah ini dengan hasil panen meningkat jadi tinggal dua desa lagi yang akan melaksanakan hal yang sama.

Dari 100 hektar lahan dari program pemerintah yang dibagi jadi 25 hektar masing masing tersebar di empat desa ini yaitu, Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Teluk Mesjid Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Pudi Kecamatan Pamukan Selatan, dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara.

Hairuddin juga mengingatkan kepada warga agar tidak merasa puas dengan hasil yang ada sekarang akan tetapi harus lebih ditingkajkan lagi sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kotabaru H Syaed Ja'far melalui Sekretaris Daerah H Said Akhmad mengatakan, pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah pusat yang juga termasuk dalam visi misi Agrobisnis dan Pariwisata.

"Ya, kita bangga dengan hasil panen yang terus meningkat akan tetapi jangan puas dulu namun terus ditingkatkan," katanya.

Selain itu tambahnya, kepada instansi terkait agar membuat program untuk petani supaya mereka tidak menganggur pasca panen misalnya, ternak bebek atau ayam disesuaikan daerahnya agar SDM petani bertambah.

Hal ini ucap Said, tentu akan menambah penghasilan lain para petani selain bercocok tanam dan tidak menganggur saat menunggu musim panen.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: