Jumat, 26 Juni 2020

Kapolda Kalsel Kunjungi Kampung Tangguh Banua di Kotabaru

GEMA, PULAULAUT - Program kampung tangguh banua yang dipelopori oleh polri untuk menghambat dan menekan penyebaran covid-19 di Indonesia kini juga dilakukan di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Untuk melihat kesiapan Kabupaten Kotabaru dalam membentuk kampung tangguh banua, Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Nico Afinta bersama Forkopimda Provinsi Kalsel dan rombongan melakukan kunjungan ke Kabupaten Kotabaru, Jum'at (26/6/2020).

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Nico Afinta, menyampaikan,  banyak perubahan yang terjadi akibat covid-19 yang mengakibatkan sosial budaya, ekonomi, dan kesehatan terganggu sehingga semua aturan banyak berubah yang harus dijalani sekarang.

"Kita tetap harus semangat menghadapi covid-19 ini dengan mentaati aturan yang baru," katanya.

Dan tambahnya, dari hasil diskusi bersama gubernur, danrim, dan gugus tugas provinsi maka ada 5 program yang akan dijalankan yaitu, peningkatan PCR, fasilitas rumah sakit, pembentukan kampung tangguh, operasi penegakan disiplin, dan efesiensi anggaran.

Ia, pun, bangga bahwa apa yang sudah dilakukan kampung tangguh banua di Desa Megasari ini agar bisa juga dilakukan oleh desa lainnya sebab pemerintah dan TNI-Polri tidak akan mungkin bisa menjalankan program tersebut bila tidak melibatkan peran masyarakat.

"Ya, disini disiplin adalah kunci utama untuk menghadapi covid-19, dan pemerintah, TNI-Polri bersama dengan rakyat akan berperang melawan covid-19 agar semuanya cepat berakhir," tutur Kapolda.

Disisi lain, Bupati Kotabaru H Sayed Ja'far, menjelaskan, saat ini di Kabupaten Kotabaru sudah ada 60 orang terkonfirmasi positif covid-19 yaitu, 26 masih dalam perawatan, 33 orang sembuh, dan 1 orang meninggal.

Dengan terbentuknya kampung tangguh banua di Desa Megasari dan Desa Sarangtiung bisa menjadi percontohan bagi kampung lainnya dalam menghadapi juga menghambat penyebaran covid-19 di Bumi Saijaan.

"Iya, adanya kampung tangguh banua ini diharapkan dapat mengatasi dan menekan penyebaran Covid-19 di kota kita," ucap bupati.

Selain itu, pemerintah bersama forkopimda dan stakeholder juga seluruh elemen masyarakat akan mendukung dengan adanya program kampung tangguh ini sebab selain tangguh kesehatan juga tangguh pangan hingga perekonomian warga setempat bisa kembali bangkit.

Nampak Kapolda Kalimantan Selatan bersama Bupati Kotabaru memberikan bantuan APD, bibit ikan, dan sembako, kepada kampung tangguh banua di Desa Megasari dan Desa Sarangtiung yang diterima masing masing kades setempat.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: