Selasa, 21 April 2020

Pandemi Covid-19, Warga Pulau Sembilan Masih Lakukan Sholat Jum'at

Tim gugus penanganan covid-19
Kabupaten Kotabaru saat melakukan
Telekonferensi dengan camat se Kotabaru 
GEMA, PULAULAUT - Ditengah pandemi virus covid-19 yang melanda dunia saat ini tak terkecuali di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan juga merasakan hal yang sama dampak dari penyebaran virus ini.

Dalam hal memutus rantai penyebaran virus covid-19 tersebut pemerintah baik pusat, provinsi, dan daerah pun melakulan himbauan kepada warga agar tidak melakukan pengumpulan orang banyak, jaga jarak, memakai masker, meniadakan sementara sholat jumat dan acara keagamaan lainnya.

Namun hal tersebut seakan tak diketahui warga di Kecamatan Pulau Sembilan, pasalnya masyarakat setempat masih melakukan sholat Jum'at dan berencana akan melakukan sholat Tarawih, walaupun sudah dilarang oleh pemerintah melalui Tim gugus penanganan covid-19 Kotabaru.

Hal tersebut diungkapkan Camat Pulau Sembilan, Husien, melalui telekonferensi, Senin (20/4/2020), dalam laporannya disampaikan bahwa, saat ini di Kecamatan Pulau Sembilan masyarakat masih rutin melakukan sholat Jum'at walaupun sudah dilakukan himbauan pelarangan pengumpulan orang banyak.

"Iya, kami sudah melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga terkait bahayanya virus covid-19 ini dan sementara dilarang melakukan kegiatan mengumpulkan orang banyak tapi mereka masih melakukannya," ujarnya.

Namun tambahnya, keadaan Kecamatan Pulau Sembilan saat ini masih aman karena sudah dibentuk tim gugus penanganan covid-19 bahkan setiap desa ada dua posko dengan penjagaan 1x24 jam untuk memantau keadaan warga.

Memang, beber Husein, mayoritas warga disini nelayan dan menjual hasil tangkapannya keluar hingga Pulau Jawa dan ini yang menjadi perhatian serius tim gugus penanganan covid-19 dengan selalu melakukan pemeriksaan terhadap mereka agar tidak terdampak virus.

"Memang kami fokus melakukan pemeriksaan terhadap nelayan yang melakukan penjualan ikan keluar Pulau Sembilan dan selalu melakukan pemantauan," ujar Husein.

Menanggapi hal tersebut, tim gugus penanganan covid-19 Kabupaten akan segera melakukan pendekatan terhadap warga dengan memerikan edukasi dan pemahaman kepada warga bahayanya virus corona ini dengan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat agar bisa mematuhi himbauan pemerintah untuk keselamatan bersama dengan tidak mengumpulkan orang.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: