Senin, 27 April 2020

Indocement Tingkatkan Perekonomian Warga Dengan Tanaman Hidroponik

GEMA, TEGALREJO - Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar ekonomi, perusahaan produsen semen Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun melalui kelompok tani binaan mereka di Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru berhasil mengembangkan sistem pertanian hidroponik.

Hal tersebut dilakukan perusahaan membantu masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah dan meningkatkan perekonomian warga apalagi dalam keadaan pandemi covid-19 sekarang.

Perwakilan Indocement, H Teguh Iman Basoeki menjelaskan, PT ITP melalui CSR dalam pilar ekonomi yaitu pertanian dengan sistem hidroponik telah menunjukkan hasilnya dan terus akan dikembangkan, Rabu (23/4/2020) kemarin.

"Iya, memang Kelompok Tani Hidroponik Mawar Hidro Desa Tegalrejo telah berhasil secara mandiri melakukan budidaya tanaman sayur itu dengan peralatan seadanya," ucapnya.

Ia, pun, bersyukur sebab pelatihan yang diberikan perusahaan dipraktekkan oleh warga Desa Tegalrejo dan sekarang sudah dapat memanen hasil sayur mayur itu secara berulang-ulang walau hanya beranggotakan delapan orang dengan sarana prasarana yang mereka gunakan seadanya.

Ditambahkan Teguh, program ini terbukti bisa mendukung perekonomian masyarakat walaupun ditengah situasi pandemi Corona. Dan perusahaan bersama dengan penyuluh pertanian di desa Tegalrejo terus mengawal program tersebut dan bercita-cita menjadikan program ini menjadi kampung hidroponik.

Disisi lain, Ketua Poktan Mawar Hidro yang juga penggiat pertanian di Desa Tegalrejo, Lailatul Mutianur, mengapresiasi atas inisiasi yang dilakukan oleh Indocement dalam mengembangkan sistem pertanian hidroponik kepada masyarakat tani di daerah binaan perusahaan.

"Terimakasih ucapnya, atas upaya perusahaan dalam membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," tutur Laila.

Lebih luas dibeberkannya, sistem tanam hidroponik ini sangat mudah juga tidak perlu tenaga ekstra cukup dengan lahan 3 x 5 meter dan sekitar 40 hari sudah bisa dipanen dengan hasil jutaan.

Laila pun, berharap, agar perusahaan Indocement dapat terus membina masyarakat untuk melakukan inovasi-inovasi baru bagi kemajuan petani sehingga taraf hidup mereka bisa meningkat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Tegalrejo, Afifuddin menyatakan, dengan bantuan perusahaaan dalam mengadakan sistem pertanian hidroponik tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Ia menilai, perusahaan telah melakukan inovasi bagi masyarakat tani diwilayahnya dan dengan edukasi yang di sampaikan oleh perusahaan diharapkan warga dapat merealisasikannya.

"Atas nama warga saya ucapkan terimakasih dengan apa yang telah dilakukan Indocement sebagai peningkatan sumber daya manusia dan meningkatkan ekonomi warga," ujarnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: