Antisipasi Corona Pemkab Kotabaru Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Kini semua negara termasuk Indonesia disibukkan dengan adanya virus corona (Covid 19) bagaimana caranya mengatasi penyebaran dan penanganannya agar tidak meluas.

Hal serupa juga dilakukan pihak Pemkab Kotabaru Kalimantan Selatan dengan membentuk tim dengan melibatkan semua Stakeholder yang diketuai oleh Sekda Kotabaru untuk mengantisipasi penyebaran covid 19 ini dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan kebeberapa titik diantaranya pelayanan publik.

Dihubungi via telepon, Plt Kepala Dinas Kesehatan Hj Ernawati, Jum'at (20/3/2020) mengatakan, penyemprotan ini merupakan tindakan antisipasi Pemkab Kotabaru terhadap penyebaran virus corona yang mana sesuai dengan surat edaran Bupati Kotabaru yang menindaklanjuti Kepres RI dan SE Gubernur Kalsel.

Saat ini ungkap Erna panggilan akrabnya, penyemprotan dilakukan di Kantor Bupati Kotabaru, Masjid Agung Khusnul Khatimah, Kantor BPKAD, Gedung Abdi Negara, dan nantinya akan menyusul ketempat publik lainnya tergantung ketersedian obat yang ada.

"Pemkab Kotabaru sudah menyiapkan gugus tugas pencegahan pengendalian dan kewaspadaan covid 19 dengan melibatkan semua Stakeholder," ucapnya.

Disinggung masalah kapal asing yang banyak melintas dan singgah di perairan Kotabaru karena perairan Kotabaru adalah jalur internasional ALKI II? hal itu bukan kewenangan Dinas Kesehatan untuk memeriksakan kesehatan para ABK namun oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP) akan tetapi berkoordinasi tetap jalan, ujar Erna.

Masyarakat Kotabaru jangan panik menghadapi adanya virus corona ini namun sebaliknya harus hidup sehat sesuai dengan surat edaran Bupati Kotabaru No: 440/447/SETDA tentang kesiapsiagaan pencegahan penyebaran covid 19 yaitu, hindari keluar daerah, jangan panik dan tetap waspada, untuk sementara hindari keramaian, tempat umum agar menyediakan sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer.

Dan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer sebelum menyentuh wajah atau makanan, jaga jarak dengan orang yang sedang demam+batuk+bersin, jika merasa sakit (demam+batuk+pilek+sesak napas) segera melapor kepetugas terdekat, gunakan masker jika batuk dan flu, memasang pesan kesehatan ditempat strategis, tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang banyak minum air putih dan berolahraga.

Sedangkan untuk layanan informasi dapat menghubungi call center covid-19 yaitu, 0822-5600-0065 atau 0822-5600-0099.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar