432 Orang Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Untuk memberikan pembekalan keterampilan kepada masyarakat Kotabaru agar bisa mendapatkan pekerjaan nantinya, pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotabaru menggelar pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja di Kotabaru.

Saat ini ada empat kejuruan yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru yaitu, Ilmu Dasar Komputer, Juru Las, Otomotif, dan Instalasi Listrik Sederhana, yang diikuti oleh 432 orang dan dibagi menjadi empat angkatan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotabaru, H Akh Asbili, saat pembukaan pelatihan, Selasa (10/3/2020) di aula BLK menyampaikan, memang saat ini sudah ada tujuh orang instruktur yang akan mengajar untuk lmu Dasar Komputer, Juru Las, Otomotif, dan Instalasi Listrik Sederhana, kepada para peserta.

"Memang saat ini peminatnya sangat banyak sekitar 432 peserta yang nantinya di bagi menjadi 4 kelompok," ujarnya.

Ditempat yang sama Bupati Kotabaru H Sayed Jafar melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), H. Fathannor, saat membuka acara tersebut mengatakan, pelatihan ini sebagai salah satu bekal peningkatan keterampilan bagi para pencari kerja di Kabupaten Kotabaru.

Ia, pun, berharap, dengan adanya pelatihan ini keterampilan bagi pencari kerja akan meningkat sehingga memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan dalam menghadapi persaingan global di era teknologi yang semakin pesat sekarang.

"Ya, sekarang ini para pencari kerja harus mempunyai keterampilan agar mudah mencari pekerjaan," tutur Fathan.

Perlu diketahui bahwa pelatihan ini diikuti oleh masyarakat yang ada wilayah Kotabaru dan pelaksanaannya menggunakan dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia.

BLK Kotabaru mendapatkan dana sebesar Rp. 3.178.955.000,00 dari Kementerian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia untuk melaksanakan pelatihan bagi 432 orang, yang akan dibagi dalam 4 Angkatan.

Dan kepada semua pimpinan perusahaan agar menyiapkan kebutuhan tenaga kerja minimal 3 tahun ke depan juga memberikan kesempatan kepada lulusan BLK Kotabaru untuk bisa mengikuti OJT (On The Job Training) atau pemagangan di perusahaan nantinya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar