Siti Aminah: 28 Tahun Bekerja Bersihkan Jalan


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Tak kenal lelah ataupun malu akan pekerjaan yang digelutinya itulah sosok Siti Aminah seorang petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru yang mana bekerja mulai dini hari hingga pagi membersihkan jalan dari sampah yang dibuang sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pekerjaan itu rutin dia kerjakan dengan alat sapu dan serok mengumpulkan sampah sepanjang jalan Pangeran Indera Kesuma Jaya mulai bundaran gedung DPRD, depan kantor bupati hingga bundaran Mesjid An Nur, yang menjadi lokasi kerjanya.

Tak tanggung tanggung 28 tahun sudah dirinya menjalani pekerjaan sebagai petugas kebersihan yang penuh dengan suka duka walaupun awal ia bekerja hanya digaji Rp 30.000 rupiah namun berkat kesabarannya hingga sekarang ia pun sudah bisa mendapatkan gaji Rp 1,8 juta rupiah.

"Alhamdulilah, sekarang gajinya sudah lumayan lah bisa untuk keluarga dibanding dulu sangat kecil dan tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga," ungkapnya dengan raut sedih dan bahagia.

Ia, pun, bersyukur walau hanya mengenyam pendidikan Sekolah Dasar namun masih bisa diterima bekerja dan mendapatkan perhatian dari atasan baik fasilitas kerja, kesehatan, dan lainnya.

Siti Aminah adalah satu dari 78 orang petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru yang selalu membersihkan jalan jalan di ibukota Kotabaru dengan seragam khas mereka pakaian kuning (pasukan kuning).

Panas, hujan, debu, bau, kotor, semua itu tak menjadi halangan mereka menyusuri jalan yang sudah menjadi tugasnya untuk menjadikan Bumi Saijaan ini bersih dari sampah. Dan mereka juga sadar resiko pekerjaan itu rentan sekali dengan penyakit.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arif Fadilah menuturkan, tahun ini Bupati Kotabaru meningkatkan gaji mereka dari 1,8 juta menjadi 2,3 juta, terkait masalah kesehatan setiap bulannya para petugas kebersihan tersebut dilakukan pemeriksaan dan mereka juga sudah di daftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Ya, kita sangat memperhatikan kesejahteraan dan kesehatan mereka makanya gajinya kita naikkan dan selalu memeriksa kondisi kesehatannya," ujar Arif.

Ia, pun, mengharapkan kepada masyarakat akan  kesadarannya untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi, karena para petugas kebersihan ini tidak semuanya sehat dan muda jadi hargailah perjuangan mereka.

Berkaca dari apa yang telah dilakukan mereka dalam menjaga kebersihan di ibukota Kotabaru ini pantaskah kita masih membuang sampah sembarangan sedangkan tong sampah sudah disiapkan petugas.

Nampak diraut wajah puluhan petugas kebersihan itu terpancar kebahagian ketika mereka diberikan paket sembako oleh Dinas Lingkungan Hidup pada saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020, Sabtu (22/2/2020) di halaman Siring Laut Kecamatan Pulaulaut Sigam.

Selain itu bantuan juga mengalir dari pihak perusahaan kepada pasukan kuning tersebut seperti, Pertanian, BCS, Smart, dan Arutmin, hal itu diberikan sebagai bentuk perjuangan mereka dalam menjaga kebersihan khususnya di Kecamatan Pulau Laut Utara.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar