Kamis, 13 Februari 2020

Sayed Jafar: Tanpa Pupuk Lahan di Sengayam Sudah Subur

GEMA, SENGAYAM - Untuk meningkatkan kesuburan tanah mayoritas petani harus menggunakan pupuk pada lahan mereka namun hal itu tidak berlaku di lahan pertanian Desa Sengayam Kecamatan Pamukan Barat Kotabaru, para petani setempat tidak menggunakan pupuk pada lahan mereka karena tanahnya sudah bagus dan subur.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar saat menghadiri acara Panen Raya Jagung di Desa Sengayam, Rabu (12/2/2020).

Selain itu bupati juga mengatakan, Sengayam adalah salah satu lumbung jagung di Kotabaru karena dengan adanya para penyuluh membuat pertumbuhan jagung bisa berkembang tentu saja dengan dukungan tanah yang subur dan bagus.

"Alhamdulilah, tanah di Sengayam ini sangat subur walau tanpa pupuk dan ini salah satu faktor penunjang pertumbuhan jagung ini bisa berkembang," ungkap bupati.

Walaupun tanah disini subur tambahnya, para petani tetap harus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan untuk bisa lebih mengembangkan tanaman jagung ini.

Disisi lain, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kotabaru, Hairuddin menyampaikan, kelompok tani di Desa Sengayam ini dalam satu hektar bisa menghasilkan 12 ton jagung pakan dari hasil produksi 15 ton.

Hal ini, jelasnya, disebabkan lahan yang ada di desa sengayam ini tidak perlu dipupuk lagi, karena sangat subur dan lebih unggul dari lahan yang ada di Pelaihari.

"Ya, kita hanya berharap nantinya lahan jagung pakan ini terus berkembang dan maju bahkan tidak berubah menjadi tanaman sawit atau lainnya," ujar Hairuddin.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: