PT STC Bantu Warga Budidayakan Pisang Kepok


Baca Juga


GEMA, SELARU - Untuk membantu meningkatkan perekonomian warga setempat PT Sebuku Tanjung Coal (STC) melalui program CSR nya  melakukan budidaya pisang Kepok (menurun) kepada warga dengan memberikan ribuan bibit pisang Kepok untuk di tanam.

Tanaman pisang Kepok ini nantinya akan menjadi penopang perekonomian warga setempat khususnya sekitar area pabrik tambang karena selain mudah ditanam juga pasarannya sangat luas dan menjanjikan.

Hal itu diungkapkan Senior Advisor PT Sebuku Tanjung Coal (STC), Setia Budhi di Desa Selaru Kecamatan Pulau Laut Tengah, Rabu (20/2/2020) kemaren.

Ia, pun, menjelaskan bahwa program CSR PT STC ini sejalan dengan misi program pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan produk pangan guna memenuhi kebutuhan penduduk.

"Pisang Kepok (menurun) ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat sebab pasarannya sampai keluar Kotabaru diantaranya Banjarmasin dan Jawa Timur," kata Budhi.

Kegiatan ini tambahnya, bekerjasama dengan kelompok tani Bina Banua Desa Selaru dan triwulan 1 tahun ini sudah tertanam ribuan bibit pisang Kepok dengan pertumbuhan yang sangat baik. Bahkan nantinya di desa lainnya juga akan di survei potensi apa yang ada di desa itu.

Menanggapi hal itu Ketua Kelompok Tani Bina Banua Desa Selaru, Jamhuri, menyambut baik program pemberdayaan masyarakat dari perusahaan STC ini dan mengharpakan agar lebih ditingkatkan lagi.

“Kami berharap desa kami akan menjadi sentra budidaya pisang di Kabupaten Pulau Laut ini," ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru, Hairuddin menyatakan, bibit pisang yang diberikan pihak perusahaan terhadap masyarakat setempat menurutnya warga penerima bantuan mesti benar-benar memaksimalkannya agar apa yang diharapkan dapat berjalan baik.

"Bibit yang ada agar bisa ditanam dilahan masyarakat sendiri dan mampu memberikan perawatan hingga pohon pisang yang ditanam dapat menghasilkan sehingga dapat membantu perekonomian warga setempat," ujarnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar