Rabu, 05 Februari 2020

Bupati Kotabaru Resmikan Gedung MCK Ipal Komunal di Desa Bandar Raya

GEMA, TANJUNG SELAYAR - Agar masyarakat bisa hidup bersih dan sehat Bupati Kotabaru H Sayed Jafar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangunkan Gedung MCK kombinasi ipal komunal di Desa Bandar Raya Kecamatan Pulaulaut Tanjung Selayar Kotabaru, Rabu (5/2/2020).

Bangunan MCK kombinasi ipal komunal tersebut dibangun diatas lahan seluas 81 meter persegi sedangkan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) 16 meter persegi yang bisa melayani 100 Kepala keluarga.

Bangunan bertingkat dua ini sederhana namun lengkap fasilitas diantaranya, 6 buah WC, 2 buah kamar mandi, 1 buah aula, dan 2 buah tempat wudhu, dengan nama "Ikhlas Beramal".

Usai meresmikan bangunan MCK kombinasi ipal komunal, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, mengatakan bahwa nanti tinggal pemeliharaan saja lagi oleh warga agar kebersihan bangunan ini selalu dijaga.

Bahkan, bupati juga ingin di desa lainnya dibangun gedung yang sama seperti di Desa Bandar Raya ini agar masyarakat bisa hidup bersih dan sehat.

"Kita ingin dengan adanya MCK kombinasi ipal komunal ini warga tidak lagi membuat kotoran sembarangan jadi bisa hidup bersih dan sehat sebab kesehatan itu sangat penting," ucapnya.

Disisi lain Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru, H M Maulidiansyah menyampaikan, tujuan pembangunan MCK kombinasi ipal komunal ini adalah agar bisa merubah pola hidup masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Ia, pun, mengungkapkan, pelaksanaan pembangun ini secara swakelola masyarakat dengan nama KSM Ikhlas Beramal tahun anggaran 2019 dari dana DAK sebesar Rp 600 juta rupiah selama 150 hari kerja.

Dan tambahnya, berdasarkan visi sanitasi Kabupaten Kotabaru bisa terwujud sanitasi yang berkualitas melalui perilaku hidup bersih dan sehat tidak lepas dari peran serta masyarakat.

"Memang perlu adanya perubahan paradigma di masyarakat dalam hal sanitasi karena mereka menganggap hal itu bukan kebutuhan utama padahal sangat penting untuk kesehatan," ujar Maulid










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: