Anak TK Negeri Pembina Kotabaru Jadi Petugas Pemadam Kebakaran


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Walaupun masih kecil namun tidak menghambat para anak anak TK Negeri Pembina Kotabaru untuk lebih awal mengetahui tugas pemadam kebakaran dalam menangani musibah dan apa yang harus dilakukan dalam menyelamatkan diri.

Layaknya seorang petugas pemadam kebakaran sebelum melakysanakan tugas harus mendengarkan instruksi atasannya hal tersebut juga dilakukan para anak anak TK itu duduk rapi mendengarkan instruksi yang diberikan petugas sebelum beraksi.

Hal ini terkait pembelajaran tema "Pekerjaan" hingga pihak sekolah TK Negeri Pembina Kotabaru menggandeng Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran untuk memberikan pembelajaran dasar kepada para anak dan mempraktekkan langsung di lokasi, Kamis (6/2/2020) halaman Siringlaut.

Kepada gemasaijaanonline, Kamis (6/2/2020) Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Kotabaru, Nursafitri mengatakan, kegiatan ini adalah satu dari sekian pembelajaran tema di sekolah dengan praktek langsung agar anak anak bisa mendapatkan pengalaman tentang cara perlindungan kebakaran sejak dini sehingga mereka bisa ingat hingga dewasa nanti.

"Kami melakukan kegiatan ini agar para anak mengetahui sejak dini apa yang harus dilakukan bila terjadi kebakaran dan cara mengamankan diri dari musibah tersebut," ujar Nur.

Ia, pun, membeberkan sebenarnya selain kerjasama dengan pemadam kebakaran, TK Negeri Pembina Kotabaru juga sudah mengunjungi Mako Lanal, Kodim, Polres, dan Radio Gema Saijaan, sesuai dengan tema pembelajarannya apa baru bisa melakukan kerjasama dengan instansi terkait.

“Insyaallah, nantinya kedepan akan mengunjungi yang lainnya sesuai tema pembelajaran di sekolah, misalnya, kantor bupati atau kantor pos,” kata Nur.

Disisi lain, Bagian penyelamatan pada Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Herpansyah menjelaskan, untuk materi yang diberikan kepada anak-anak TK Pembina tentang perlindungan kebakaran.

Diungkapkannya, usia dini merupakan pengguna perlindungan kebakaran yang akan datang, dan pembelajaran ini sebagai modal pengetahuan untuk mereka dalam pengenalan dan menggunakan peralatan pemadam seperti, helm, selang, nozzel,  penyemprotan air dan lainnya.

“Memang program kerjasama seperti ini sudah berjalan lama dari tahun ketahun, antara pemadam kebakaran dengan beberapa TK yang ada di Kotabaru," ujarnya.

Selain itu, anak-anak TK Pembina juga diajak keliling dengan mobil Fire Rescue di lapangan Siringlaut, tentu saja hal itu langsung diabadikan oleh orang tua murid menggunakan ponsel mereka.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar