Selasa, 07 Januari 2020

Sayed Jafar: Anggota BPD Jangan Terlena Anggaran Desa

GEMA, SENAKIN - Banyaknya permasalahan dan keinginan warga yang belum terpenuhi terkait sarana dan prasarana pembangunan desa membuat pemerintah daerah kembali melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di dua kecamatan sekitar 50 orang agar bisa bekerjasama dan berkomunikasi dengan perangkat desa setempat.

Pelantikan puluhan anggota BPD periode (2019 -2025) itu dilakukan oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar disaksikan Kepala SKPD, Porkopinca, tokoh agama, dan undangan, Senin (6/1/2020) di los Pasar Senakin Kecamatan Kelumpang Tengah.

Dalam kesempatan itu bupati mengatakan, anggota BPD harus mampu memahami agenda juga tugasnya dan jangan sampai terlena dengan anggaran desa yang sudah di transfer oleh pemerintah pusat akan tetapi menggunakannya untuk perkembangan desa.

"Ya, harus tetap berkomunikasi dengan perangkat desa setempat agar pembangunan desa cepat terealisasi bukan malah terlena dengan dana desa yang ada," ungkap bupati.

Selain itu anggota BPD juga harus transparan, akuntabilitas, dan mampu menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Disisi lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) H Hariansnyah, mengatakan, anggota yang sudah dilantik harus bersinergi dengan kepala desa untuk peningkatan membangun desa dengan memahami management kelola tata pemerintah desa dan mementingkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ya, harus sesuai arahan bupati mereka anggota BPD yang dilantik harus mementingkan pelayanan kepada masyarakat dan bersinergi dengan kepala desa," ujar Hari.

Adapun anggota BPD yang dilantik, yaitu, Kecamatan Kelumpang Tengah meliputi 5 Desa yang sudah dilantik diantaranya desa Senakin sebanyak 5 orang, Desa Tanjung Selayar 5 orang, Desa Sangsang 5 orang, Desa Sungai Punggawa sebanyak 5 orang dan Desa Tanah Rata 5 orang.

Sedangkan anggota BPD Kecamatan Kelumpang Utara yang mewakili 6 Desa, yakni Desa Sulangkit 5 anggota, Desa Pudi seberang 5 anggota, Desa Sungai Punggawa 5 orang, Desa Wilas 5 orang dan Desa Mangga sebanyak 5 orang..










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: