Jumat, 17 Januari 2020

Pemkab Kotabaru Tingkatkan PAD Melalui Pajak

GEMA, PULAULAUT - Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Kotabaru melakukan Perjanjian kerjasama (KPS) dengan KPP Pratama Batulicin dan Kotabaru dalam hal retribusi pajak.

Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad, mengemukakan bahwa dari data yang sudah disampaikan oleh pihak KPP Pratama Batulicin dan Kotabaru tadi sangat berpengaruh terhadap bagi hasil pendapatan daerah karena selama ini pajak perusahaan yang ada di Kotabaru dibayarkan kepusat sedangkan daerah tidak mendapatkan apa apa.

"Ya, kita rugi pastinya sebab mereka aktivitasnya di daerah Kotabaru akan tetapi pembayaran pajaknya tidak ke daerah namun kepusat kantor mereka," tutur setda.

Ia, pun, berharap dengan adanya perjanjian kerja sama dengan pihak KPP Pratama Batulicin dan Kotabaru tersebut dapat mendongkrak PAD dan adanya perubahan besar bagi Kotabaru karena perusahaan yang ada harus membayar pajak ke daerah tidak lagi ke pusat.

Jadi tambahnya, dengan adanya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemkab Kotabaru dengan KPP Pratama Batulicin ini nantinya bisa meningkatkan pendapatan daerah.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Pelayanan Pajak Batulicin Kotabaru Elija Setyawan menjelaskan penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang ditandatangani langsung oleh Bupati Kotabaru pada tanggal 20 Desember 2019 lalu.

"Semoga dengan kerjasama ini kita dapat lebih aktif lagi menggali potensi pajak yang akhirnya akan kembali ke daerah dalam bentuk APBD," tuturnya.

Mudah mudahan kegiatan ini bukan hanya seremonial saja namun bisa di aplikasikan, harap Elija.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online

SHARE THIS

Facebook Comment

0 Comments: