Bangkalaan Dayak Gelar Pesta Adat Balian Tandik


Baca Juga


GEMA, BANGKALAAN DAYAK - Ratusan warga Desa Bangkalaan Dayak Kecamatan Kelumpang Hulu Kotabaru memadati balai adat pangkalan untuk menggelar acara perayaan pesta adat balian tandik pemujaan goa temuluang, Minggu (5/1/2020).

Nampak pada puncak perayaan pesta adat balian tandik pemujaan goa temuluang itu dihadiri Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dan jajarannya.

Kepala Desa Bangkalaan Dayak, Herdinan, atas nama warga mengucapkan terima kasih atas kehadiran bupati dan jajarannya pada pesta adat ini walaupun agenda bupati sangat banyak.

"Acara ritual adat ini merupakan ucapan rasa syukur masyarakat karena telah diberikan rezeki melimpah dengan adanya goa temuluang ini," ungkap Herdinan.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, sangat mengapresiasi adanya pesta adat dayak ini karena merupakan ucapan rasa syukur masyarakat kepada tuhan yang telah memberikan rezeki yg melimpah.

Ia, pun, menyampaikan nantinya pemerintah akan mengemas ritual adat warga setempat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga agar bisa lebih meriah bahkan menjadikan salah satu destinasi wisata Kotabaru.

"Acara ini salah satu destinasi wisata Kotabaru yang akan menarik pengunjung baik lokal maupun luar daerah untuk datang ke Kotabaru nanti kita kemas lebih baik lagi acaranya," ungkap bupati.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Saijaan ini akan memperbaiki infrastruktur jalan di daerah itu agar memudahkan akses menuju tempat iacara sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat..










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar