Jumat, 18 Oktober 2019

Bupati: Tiap Tahun Puluhan Guru Agama di Berangkatkan

Bupati: Tiap Tahun Puluhan Guru Agama di Berangkatkan

GEMA, PULAULAUT - Kegiatan rutin Bupati Kotabaru H Sayed Jafar tiap tahunnya memberangkatkan para ulama, tuan guru, dan tokoh agama yang ada di Kabupaten Kotabaru untuk bisa menghadiri haul dan ziarah kemakam waliallah diluar Kotabaru.

Hal tersebut dilakukannya sudah lama sebelum terpilih menjadi bupati di Kotabaru hingga sekarang dengan dana pribadi.

" Ya, rutin tiap tahun kami berangkatkan mereka para ulama, tokoh agama, dan guru, untuk bisa berziarah kemakam para ulama sekaligus bersilaturahmi," ungkap Sayed Jafar.

Untuk tahun ini sekitar 60 orang kembali diberangkatkan untuk menghadiri haul Guru Bangil di Jawa Timur selama 5 hari.

Rombongan dilepas langsung oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, Kamis (13/10/2019) malam, dikediaman pribadi dan disaksikan oleh para habaib, tokoh agama, Kepala SKPD, dan tamu undangan.

Nampak pelepasan puluhan jamaah tersebut diiringi dengan syair maulid habsy dan lambaian tangan dari para keluarga.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Warga Pulaulaut Dapat Bantuan Dari Kementerian Sosial

Warga Pulaulaut Dapat Bantuan Dari Kementerian Sosial

GEMA, PULAULAUT - Untuk menanggulangi kemiskinan di Bumi Saijaan, Dinas Sosial Kotabaru bekerjasama dengan pihak terkait agar bisa menjalankan program dari Kementerian Sosial RI, diantaranya, Penerima Bantuan Iuran (PBI), Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Program pemerintah pusat tersebut disambut bola oleh pemerintah setempat dengan memperbaharui data warga kurang mampu melalui bantuan Lurah, Kades, RW, dan RT, agar data yang didapat benar adanya sehingga bantuan tepat sasaran.

Dari hasil pemutahiran data, puluhan warga kurang mampu di Pulaulaut mendapatkan bantuan dari pemerintah yaitu, sekitar 15 orang bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI), 9 orang untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan 15 orang untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar kepada warga Pulaulaut secara simbolis, di dampingi Ketua PKK, Ketua DPRD, Dandim 1004, Lanal, Polres, Kepala SKPD, Forkopimda, dan pihak perusahaan, Kamis (17/10/2019).

Disela acara peresmian gedung pelatihan dan bank sampah Mekarsari Desa Dirgahayu, bupati mengatakan agar bantuan yang diberikan tadi hendaknya tepat sasaran kepada warga yang benar benar berhak menerimanya dan kepada petugas hendaknya turun kelapangan langsung mendata warga yang miskin jangan sampai salah sasaran hingga mereka yang kurang mampu hanya jadi penonton saja.

"Harus benar dan pasti kalau melakukan pendataan karena kasian saudara saudara kita yang kurang mampu tidak mendapatkan bantuan akibat tidak terdata oleh petugas," ungkap bupati.

Selain itu tuturnya, bantuan pangan non tunai BPNT ini juga sebagai kontrol harga pangan di Kotabaru.

Perlu diketahui bahwa bantuan pangan non tunai tersebut adalah bantuan yang disalurkan oleh pemerintah kepada PKM setiap bulannya melalui mekanisme uang elektronik untuk membeli pangan seperti beras dan telur.

Dan program ini adalah peralihan dari Bansos Rastra ke BNPT dengan harapan dapat menjadi kontrol kualitas dan kuantitas bahan pangan bagi KPM serta bisa menentukan tempat pengambilannya.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online