Senin, 14 Oktober 2019

Bupati Kotabaru Meninjau Progres Pengerjaan Jalan Tanjung Samalantakan

Bupati Kotabaru Meninjau Progres Pengerjaan Jalan Tanjung Samalantakan

GEMA, TANJUNG SAMALANTAKAN - Dalam kunjungan kerjanya Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama jajarannya meninjau langsung progres ruas jalan Desa Tanjung Samalantakan menuju simpangan Desa Basuang dengan panjang jalan 12.200 kilometer dan lebar 7 meter, Minggu (13/10/2019).

Badan jalan dengan perkerasan (LPB) tersebut lebar 5 meter dan bahu jalan masing masing 1 meter di kiri kanan badan jalan juga ada pembangunan 1,7 kilometer di Desa Sukadana mengingat jalan tersebut merupakan akses menuju ke lokasi pendidikan

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dalam peninjauannya mengatakan bahwa bahan batu pengerasan jalan ini sangat bagus karena di datangkan langsung dari Palu Sulawesi Tengah dan mudah mudahan segera cepat selesai pengerjaannya.

"Alhamdulilah, kini masyarakat sudah bisa menggunakan jalan ini walaupun masih pengerasan dan nantinya secepatnya kita akan lakukan pengaspalan," kata bupati.

Ditambahkan Sekretaris Bina Marga dan Sumber Daya Air Kotabaru Suprapti Tri Astuti, ST, MT bahwa, pelaksanaan paket kegiatan ini meliputi pekerjaan pembuatan siring pasangan batu dengan penimbunan di lokasi yang terjadi genangan air pasang, pekerjaan LPB sepanjang 12,200 kilometer mulai depan SMA Tanjung Samalantakan sampai jalan pertigaan Desa Basuang.

Selain itu ada tambahan 1,7 kilometer di Desa Sukadana untuk akses menuju ke sekolah sehingga memperlancar proses pendidikan.

"Ya, untuk sisa jalan yang belum dikerjakan tersebut tahun depan akan kita lanjutkan pengerjaannya mulai simpang tiga Desa Basuang hingga menuju Desa Sulangkit," ungkap Tuti










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Warga Desa Rampa Cengal Kelola Pabrik Es Nelayan Sendiri

Warga Desa Rampa Cengal Kelola Pabrik Es Nelayan Sendiri

GEMA, TANJUNG SAMALANTAKAN - Untuk membantu nelayan dalam mendapatkan es sebagai pengawet hasil tangkapan mereka kelompok nelayan Sinar Empang Desa Rampa Cengal Kecamatan Pamukan Selatan, mendapatkan bantuan mesin ice flake atau es serpihan (serut) dari Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI tahun anggaran 2019.

Pabrik es serpihan nelayan tersebut dikelola oleh kelompok nelayan setempat yang bisa menghasilkan 1,5 ton es serut per harinya dengan pemakaian minyak 3 liter per jam dan penjualan kepada nelayan Rp 3000 rupiah per kilo.

Bukan hanya mempermudah para nelayan dalam mendapatkan es serpihan untuk mengawetkan hasil tangkapan mereka namun juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bantuan tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama rombongan menyempatkan waktu untuk melihat secara langsung keadaan pabrik es serpihan (serut) nelayan tersebut yang sudah dikelola oleh kelompok nelayan setempat.

Nampak bupati dan rombongan berkeliling untuk melihat langsung keadaan pabrik es tersebut baik peralatan mesin maupun bangunannya hingga langsung berdialog dengan kelompok nelayan yang mengelolanya mulai dari pembuatan, pemasaran, dan lainnya.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, menyampaikan bahwa, produksi es ini nantinya harus disesuaikan dengan kebutuhan para nelayan setempat agar tidak rugi.

"Ya, jangan produksi dengan penjualan nantinya tidak sesuai hingga rugi jadi dihitung benar benar pengeluaran produksinya berapa dan penjualan berapa," ungkap bupati.

Perlu diketahui bantuan ice flake ini selain untuk kelompok Nelayan Sinar Empang Desa Rampa Cengal juga diberikan kepada kelompok nelayan Doa Bersama Desa Sei Limau Kecamatan Pulau Laut Timur.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Kunker Bupati Kotabaru ke Desa Rampa Cengal

Kunker Bupati Kotabaru ke Desa Rampa Cengal

GEMA, TANJUNG SAMALANTAKAN - Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama rombongan kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) untuk melihat langsung keadaan masyarakatnya dan kali ini kunker di Desa Rampa Cengal Kecamatan Pamukan Selatan, Kabupaten Kotabaru, Minggu (13/10/2019) pagi.

Sekitar Empat jam perjalanan dari ibukota Kotabaru akhirnya rombongan bupati bersama kepala SKPD dan Forkopimda tiba di Desa Rampa Cengal, dan disambut langsung oleh pejabat setempat dengan kalungan bunga dan diiringi oleh group maulid habsy.

Kades Rampa Cengal Husni Bubarak, mengucapkan selamat datang kepada bupati dan rombongan ke Desa Rampa Cengal ini dan mohon maaf apabila ada kekurangan dalam acara in karena beginilah keadaan desa kami.

"Mudah mudahan bupati dan ibu serta rombongan tetap dalam keadaan sehat dan selalu bersama rakyat membangun Kotabaru lebih baik lagi," harapnya.

Dalam acara tersebut Bupati Kotabaru H Sayed Jafar memberikan bantuan kartu asuransi nelayan dan bantuan kepada group maulid habsy setempat secara simbolis kepada warga yang juga diikuti oleh kepala SKPD yang bersangkutan.

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, mengatakan, terimakasih diucapkan kepada masyarakat setempat atas kehadirannya dalam acara ini dan juga memperkenalkan kepala SKPD yang membidangi pembangunan di Kotabaru agar diketahui dan bisa berdialog langsung bersama warga untuk mengetahui persoalan di masyarakat.

"Apabila warga ada permasalahan baik kesehatan, jalan, pendidikan, dan lainnya, warga sudah mengetahui harus berurusan dengan siapa dan kemana bidangnya kalau ada kendala atau dipersulit pejabat langsung saja menghadap sama saya," ungkap bupati.

Lebih luas di jelaskan bupati, kepada kepala SKPD terkait agar bisa secepatnya melaksanakan kerjanya untuk bisa melayani masyarakat diantaranya, jalan, listrik, kesehatan, pendidikan, dan lainnya sebab semua itu untuk kesejahteraan masyarakat Kotabaru agar tidak ada kata bahwa ada daerah yang di anak tirikan atau pilih kasih.

"Kami tidak ingin ada kata kerja nanti dan nanti harus bergerak cepat dikerjakan dan juga jangan ada lagi kata dari warga bahwa mereka dianak tirikan atau pilih kasih dalam pelayanan pembangunan," tegas bupati.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online