Kamis, 03 Oktober 2019

Bupati Kotabaru Resmikan SPBU Banian

Bupati Kotabaru Resmikan SPBU Banian

GEMA, BANIAN - Untuk mempermudah masyarakat Kotabaru di Kecamatan dalam mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan harga yang sama seperti diperkotaan Pemkab Kotabaru bekerjasama dengan pihak ketiga membangunkan SPBU di Desa Banian Kecamatan Sungai Durian.

SPBU ini diresmikan langsung oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dengan melakukan tampung tawar dan mengyisi bahan bakar minyak jenis premium untuk tiga unit motor milik warga tanda bahwa pelayanan dibuka untuk umum yang disaksikan oleh Kepala SKPD, tokoh agama, dan masyarakat setempat, Kamis (3/10/2019) di halaman SPBU Banian.

Disela acara Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan bahwa pembangunan SPBU di daerah kecamatan ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat setempat untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) karena tidak jauh lagi dari tempat tinggal mereka dan harganya pun sama dengan di perkotaan.

"Tidak ada tujuan lain semata mata hanya untuk membantu masyarakat agar bisa menikmati layanan BBM layaknya warga di perkotaan dengan harga yang sama," jelas bupati.

Pembangunan SPBU ini tambahnya, dilihat dari tempatnya yang strategis dan selain di Desa Banian ini nanti juga akan di bangun SPBU di Bungkukan, Sampanahan, dan beberapa tempat lainnya di wilayah Kotabaru agar masyarakat bisa merasakan hal yang sama seperti di kota.

Lebih luas dijelaskan bupati bahwa semua ini dilakukan sebagai bentuk nyata Pemkab Kotabaru untuk membantu masyarakat agar bisa lebih meningkat Perekonimiannya karena sudah tidak ada lagi perbedaan harga BBM baik di perkotaan maupun dipedesaan semua sama.

"Tadinya kan masyarakat harus keluar dulu dari wilayah mereka untuk mencari BBM di SPBU terdekat dengan harga yang mahal akan tetapi sekarang tidak ada perbedaan harga lagi sebab di wilayah mereka sudah dibangunkan SPBU, beber Sayed Jafar.

Ditambahkan Direktur SPBU Banian, Said Akhmad Bahasyim, bahwa mudah mudahan dengan adanya SPBU ini daerah di Desa Banian Kecamatan Sungai Durian akan lebih maju dan akan ramai hingga dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Insyaallah, nantinya disekitar SPBU ini akan ramai otomatis perekonomian warga juga ikut terangkat sebab ini kan lintas Kalimantan dan tempatnya juga strategis," harapnya.

Selain peresmian SPBU acara juga dirangkai dengan penyerahan bantuan ribuan bibit itik (bebek) dan pangan serta obat obatan ternak kepada enam desa di Kecamatan Sungai Durian.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Indocement Berikan Pelatihan Penanggulangan Darurat Kepada Pelajar

Indocement Berikan Pelatihan Penanggulangan Darurat Kepada Pelajar

GEMA, TARJUN -  Dalam rangka agenda Safety Week, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant 12 Tarjun menggelar kegiatan Pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat yang diikuti oleh 50 pelajar dari tingkat SMP dan SMA Yayasan Indocement serta guru pendamping masing masing sekolah, Rabu (2/10/2019) di aula dan halaman SMA Yayasan Indocement Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Staff CSR Indocement Plant 12 Tarjun, Agus Rifani, mengatakan bahwa melalui kegiatan pelatihan ini para pelajar mendapatkan pendalaman materi dan pengetahuan mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), teori dan praktik penggunaan alat pemadam kebakaran (Damkar), Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dan Bantuan Hidup Dasar
(BHD) di bidang kesiapsiagaan bencana.

"Kegiatan ini merupakan realisasi dari Pilar Pendidikan, salah satu dari 5 pilar yang mendasari Program Bina Lingkungan dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) Indocement," ungkapnya.

Kepala SMA Yayasan Indocement Tarjun, Tantowi Djauhari S.Pd mengatakan kegiatan yang digelar oleh Indocement ini sangat bermanfaat bagi siswa di sekolah kami karena nantinya bisa mengantisipasi dan menanggulangi bila terjadi bencana.

"Kegiatan ini pembekalan dan pengetahuan dini kepada siswanya, sehingga mereka bisa menularkan pengetahuan yang didapatkan dalam upaya meningkatkan kompetensi terhadap penanggulangan bencana," katanya.

Ia, pun, berharap dengan adanya pelatiha ini nantinya dapat meningkatkan mutu siswa dalam memberikan sharing pengetahuan, penerapan dan peningkatan kompetensi bagi pelajar di bidang K3 dan tanggap darurat yang terintegrasi di lingkungan perusahaan.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu, Sudirman Noor dan Tim Dr. Yoeharto dari Indocement menjelaskan bahwa, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para pelajar, sehingga mereka dapat mengantisipasi dan menanggulangi akibat bencana yang dapat terjadi dilingkungannya.

Selain itu para siswa dan siswi juga dilatih dalam ketangkasan dan pelatihan dalam menggunakan alat pemadaman kebakaran (Damkar), PPGD, pencegahan dan penanggulangan bencana serta selalu tanggap dan bisa melakukan antisipasi ketika terjadi bencana.

"Pelatihan yang digelar ini merupakan wujud partisipasi Indocement dalam mendukung program yang digiatkan "Sekolah Aman Bencana," bebernya.

Disela kegiatan, salah satu siswi dari SMA Yayasan Indocement, Dwi Seftyana, dan Dewinda Khumaira Syahrilla, dari SMP Yayasan Indocement Tarjun kepada awak media mengucapkan terima kasih kepada Indocement yang menggelar pelatihan ini, kami sangat senang dan bersyukur sekali mendapatkan pembekalan pengetahuan dan pengalaman baru pada pelatihan keadaan darurat ini.

"Mudah mudahan kegiatan pelatihan seperti ini tetap berlanjut, tidak hanya sekali ini saja dan adanya pembinaan dari perusahaan bagi kami," harapnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online