Rabu, 18 September 2019

PT Arutmin NPLCT Ajak Ibu ibu Lakukan Tabungan Hijau

PT Arutmin NPLCT Ajak Ibu ibu Lakukan Tabungan Hijau

GEMA, PULAULAUT - Melalui program CSR PT Arutmin NPLCT Indonesia yang ada di Kabupaten Kotabaru para ibu ibu kader posyandu di Pulau Laut Utara diajak untuk melakukan tabungan hijau yangmana pihak perusahaan akan memberikan bantuan bibit kepada mereka.

Hal tersebut disampaikan Super Intendent Comunty Development PT Arutmin Kotabaru, Ahmad Nurcholis pada saat acara pertemuan dengan para kader Posyandu, Balita, dan Lansia Kecamatan Pulau Laut Utara, Rabu (18/9/2019) di aula Kantor Desa Semayap.

Lebih luas dipaparkan Nurcholis, bahwa ini salah satu strategi PT Arutmin dan pihak perusahaan sudah memberikan bibit bibit buah unggul tersebut untuk program tabungan hijau dan tiap kader posyandu mendapatkannya untuk ditanam di daerah mereka.

“Hal ini kami lakukan sebab tak selamanya perusahaan itu ada namun kalau posyandu akan selalu ada jadi melalui tabungan hijau ini nantinya para kader Posyandu kedepannya akan mempunyai penghasilan sendiri dengan perjanjian 10 persen untuk Posyandu," tegas Nurcholis.

Dalam kesempatan acara tersebut PT Arutmin juga memberikan bantuan berupa mesin jahit, peralatan pembuatan kue kering kepada para kelompok usaha mandiri baik yang tergabung dalam Posyandu maupun UPPKS untuk memajukan unit usaha mereka.

Selain itu, pihak perusahaan juga ikut mempromosikan hasil produk-produk mereka dan di ikutkan dalam ajang pameran diantaranya expo di Banjarmasin dan bisa meraih juara satu kotegori swasta dan BUMN.

"Pihak PT Arutmin akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta masyarakat untuk memajukan unit-unit usaha kecil masyarakat Saijaan," ungkap Nurcholis.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Harhubnas ke-48: Kantor Unit Bandara Syamsir Alam Gelar Bakti Sosial

Harhubnas ke-48: Kantor Unit Bandara Syamsir Alam Gelar Bakti Sosial

GEMA, PULAULAUT - Dalam rangkaian memeriahkan Harhubnas ke-48 Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kabupaten Kotabaru mengisinya dengan kegiatan bakti sosial seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan dan kegiatan olah raga lain.

Disela acara bakti sosial Kepala Bandara Udara Gusti Sjamsir Alam, Ferdinan Nurdin mengatakan, Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-48 ini juga berbarengan dengan HUT Air Nav Indonesia ke-7 yang dilaksanakan beberapa hari lalu, Selasa (17/9/2019).

Selain kegiatan bakti sosial, ia, juga mengungkapkan bahwa peringatan Harhubnas ini kami juga melaksanakan upacara pengibaran bendera yang diikuti oleh Pejabat Eselon III dan IV, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Honorer, Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta Mitra Kerja (Stakeholder) dan Tamu Undangan yang berhadir.

Lebih luas dijelaskan Ferdinan bahwa, Harhubnas kali ini diisi dengan kegiatan bakti sosial donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis buat penumpang pesawat yang mau berangkat tentu saja bekerjasama dengan pihak rumah sakit umum Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru.

"Ia, kami menyediakan 50 kantong darah dan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada 50 penumpang," ujarnya.

Kegiatan ini tambahnya, untuk membantu masyarakat yang memerlukan darah dan kepada para pendonor semoga amal baktinya akan menjadi amal ibadah.

Terlepas dari kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis kami juga melaksanakan kegiatan-kegiatan pertandingan diantaranya pertandingan futsal antar instansi dan tenis meja.

Semua kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan suatu bukti nyata bahwa kami insan perhubungan hadir dalam kegiatan operasional penerbangan dan juga pemerintah pun ikut andil dalam pengembangan trasportasi udara di Kotabaru.

Ia, pun, berharap acara semacam ini nanti akan menjadi agenda tahunan dan yang kami lakukan bersama ini semata-mata hanya untuk membantu masyarakat Bumi Saijaan.









- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Pemkab Kotabaru Tandatangani MoU Pengembangan Bandara Gt Syamsir Alam

Pemkab Kotabaru Tandatangani MoU Pengembangan Bandara Gt Syamsir Alam


GEMA, PULAULAUT - Pemerintah Kabupaten Kotabaru menandatangani MOU Kesepakatan bersama Direktorat Jendral Perhubungan Udara terkait pembangunan dan pengembangan Bandara Gusti Syamsir Alam Kabupaten Kotabaru di Kementrian Perhubungan Jakarta, Senin ( 16/9/2019)

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menjelaskan Bandara Gusti Syamsir Alam terletak tepat ditengah antara ruang udara barat dan ruang udara timur yang dilewati alvi dua, serta terbebas dengan data gempa dan  tsunami.

Konsep Bandara ini, lanjutnya akan menjadi bandara transit dari bandara ke timur, utara dan selatan (PP) seperti Samarinda-Jogja dan Samarinda-Bali, atau dapat juga menjadi salah satu bandara kontejensi untuk membantu bandara yang terkena atau rawan bencana seperti Makasar.

“Ini dapat terwujud apabila landasan pacu bandara sudah memungkinkan dalam hal perpanjangan dan pelebaran seperti usulan pada program 2020, sehingga bandara ini dapat didarati pesawat berbadan lebar yakni P 737-500 dan sejenisnya,”ungkapnya.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan ini berharap agar program pembangunan dan pengembangan bandara yang termuat dalam PM 142 tahun 2019 dapat masuk dalam program strategis nasional, sehingga dapat menjadi prioritas dalam mendapatkan dukungan penuh dari Dirtjen Perhubungan Udara untuk mewujudkan apa yang sudah menjadi rencana pembangunan dan pengembangan Bandara Gusti Syamsir Alam.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan transportasi udara sangat penting terutama di Indonesia yang merupakan Negara kepulauan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus untuk memberikan akses ketempat lain.

“Semoga dengan adanya pertemuan ini nantinya ada sinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan dearah. Saya berharap pemerintah provinsi juga dapat memberikan kontribusinya untuk membangun dan mengembangkan Bandara Gusti Syamsir Alam, tuturnya.

Tampak hadir juga pada acara ini, Ketua DPRD Kotabaru, Forkopimda, Kepala SKPD, Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam, serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kepala Bagian Hukum Setda Kotabaru.










- Penulis : M. Shabirin - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Kotabaru Raih Penghargaan WTN 2019

Kotabaru Raih Penghargaan WTN 2019


GEMA, PULAULAUT - Berkat kerjasama semua pihak baik Pemkab Kotabaru dari Dinas Perhubungan, Polres Kotabaru dan jajaran terkait yang selalu bersinergi dalam hal menata transportasi publik hingga bisa meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Minggu (15/9/2019), di Main Lobby Plenary Hall JCC Jl Gatot Subroto Jakarta.

Dalam serah terima penghargaan tersebut Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi Kasat Lantas Polres Kotabaru Akp Lendra Ambarsari, Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru H Adi Sutomo.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bangga atas pencapaian Kabupaten Kotabaru yang berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha itu berkat semua pihak yang terlibat yang selalu bersinergi dalam mensukseskan program tersebut.

"Penghargaan WTN ini diharapkan bisa memacu masyarakat Kotabaru untuk berperilaku tertib sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah disosialisasikan," ungkapnya.

Hal ini, ungkapnya, sebagai bukti keseriusan Pemkab Kotabaru dalam meningkatkan kinerjanya dan banyak kemajuan dalam reformasi birokrasi dan pelayanan publik yangmana ke depannya pelayanan di semua bidang dapat semakin baik lagi," beber bupati.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penghargaan WTN ini untuk mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) yang berhasil menata transportasi publik beserta fasilitasnya dan dengan demikian Pemda dapat terus memperbaiki kinerja untuk lebih baik lagi.

"Sangat berarti bagi kita untuk mencapai kinerja yang lebih baik dimana tahun ini kita harap ada filosofi untuk Indonesia unggul dan Indonesia maju. Oleh karenanya, apa yang dicapai saat ini bisa membantu mewujudkan itu semua,"ujarnya.

Sekadar diinformasikan, penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota, berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dengan objek penilaian melalui lima bidang.

Adapun lima bidang yang dinilai itu adalah bidang lalu lintas (bobot nilai 20 persen), bidang angkutan umum (15 persen), bidang sarana transportasi darat (25 persen), bidang prasarana transportasi darat (15 persen) dan bidang umum (25 persen).










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Ratusan Pelajar Meriahkan Hari Anak Nasional 2019

Ratusan Pelajar Meriahkan Hari Anak Nasional 2019

GEMA, PULAULAUT - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019, ada sekitar 718 anak  tergabung dalam pergelaran acara tersebut diantara melibatakan PAUD, TK, SD, dan SLTP, Sabtu (14/9/2019) di lapangan Siring Laut Kotabaru.

Melalui Dinas Pendidikan Pemkab Kotabaru tahun ini mencoba menggabungkan mereka dalam satu pergelaran tersebut agar lebih meriah dalam pelaksanaannya. 

Hal tersebut disampaikan PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru, Selamat Riyadi selaku ketua panitia penyelenggara bahwa, tujuan pelaksanaan acara ini untuk menumbuhkan kesadaran, kepedulian dan peran aktif setiap individu, keluarga dan masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak.

"Kegiatan ini untuk memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada anak dan keluarga tentang pentingnya meningkatkan kualitas anak melalui pengasuhan keluarga yang berkualitas," ungkap Selamat.

Disisi lain Bunda PAUD Kabupaten Kotabaru Hajjah Fatma Idiana Sayed Jafar menyampaikan agar orang tua lebih peduli kepada anak – anak dan dalam mendidik anak harus sesuai dengan porsi umurnya.

"Peringatan Hari Anak Nasional ini harus menjadi momentum inspiratif dan motivatif bagi orang tua agar lebih peduli pada anak-anak melalui berbagai cara pengasuhan yang aman serta menyenangkan agar dapat tumbuh menjadi anak-anak yang percaya diri, optimis, berkualitas dan berakhlak mulia, intinya sesuai dengan porsi umur mereka," harapnya.

Dalam Peringatan Hari Anak Nasional ini juga menampilkan berbagai macam tarian yang dilakukan oleh ratusan anak didik Paud, TK, SD dan SMP serta guru pendamping se-kabupaten Kotabaru.













- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online