Indocement dan Pemdes Tarjun Bersinergi Gelar Lomba Perahu


Baca Juga


GEMA, TARJUN - Dalam rangkaian peringatan hari pahlawan 2019 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun Bersinergi dengan Pemerintah Desa Tarjun menggelar lomba perahu (Kelotok) dan kegiatan ini rutin tiap tahun dilaksanakan pihak desa setempat.

Dalam lomba perahu kali ini diikuti 40 peserta berasal dari Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu dengan tiga kategori lomba perahu mesin yaitu, Kelas 24, 30 dan Umum, Sabtu (7/12/2019).

Lomba sendiri dimulai dari perairan Desa Tarjun dan finish pelabuhan Desa Tarjun dengan tema “SATU PERAHU KITA BERSAMA” dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahim warga masyarakat nelayan Desa Tarjun.

General Manager dan Manajemen PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant 12 Tarjun, Retnawan Widhiantoro dan H Teguh Iman Basuki, sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini yang mana merupakan tahun ketiga perusahaan bersama pemdes Tarjun bersinergi menggelar kegiatan lomba balap perahu ini dalam rangka mendukung kearifan lokal khususnya aktifitas nelayan di Desa Tarjun dan sekitarnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai positif dalam mengangkat budaya lokal, meningkatkan sportifitas dan tentunya bisa menjadi hiburan wisata dan dapat memberikan nilai tambah ekonomis bagi warga Desa Tarjun khususnya," ungkapnya.

Acara dihadiri Pemdes beserta jajarannya, Manajemen PT. ITP, Tbk, PT. Smart, Tbk, Kapolsek Kecamatan Kelumpang Hilir beserta anggota, Babinsa, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Warga Masyarakat Desa Tarjun.

Sekretaris Desa Tarjun, Suryadi mengatakan, lomba perahu ini digelar setiap tahun dalam rangka memeriahkan peringatan hari pahlawan, walaupun bulannya telah lewat, moment kegiatan ini tetap kita manfaatkan sebagai ajang hiburan masyarakat dan merupakan ikon bagi Desa Tarjun sebagai tempat destinasi wisata pesisir laut.

"Lomba balap perahu tahun ini adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan dan diikuti sebanyak 40 peserta dari berbagai kelompok nelayan baik dari Kabupaten Kotabaru juga Tanah Bumbu dengan ukuran perahu bermesin Kelas 24, 30 dan Umum," jelasnya.

Adapun yang mendapatkan juara kategori Kelas Umum, Juara 1, Kallstar dari Sarakaman, Juara 2 Tim Saranjana dari Tarjun dan Juara 3 Audy dari Kotabaru dan Juara 4 dari Pulau Suwangi (Tanah Bumbu).

Disisi lain, tokoh pemuda dan masyarakat , Sahrani sangat mengapresiasi dan sangat bersyukur kegiatan lomba yang sudah digelar tiga tahun ini disambut baik oleh masyarakat dan perlu ditingkatkan lagi kedepannya, bukan hanya mengangkat kegiatan ini saja, tetapi juga diisi berbagai kegiatan yang produktif dengan menampilkan produk unggulan UMKM dari desa sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga dan juga nantinya bisa bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kotabaru untuk mengekplore potensi wisata yang ada di Desa Tarjun.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan peran serta dalam momentum memeriahkan rangkaian peringatan hari pahlawan, semoga dengan partisipasi dalam memeriahkan acara ini dapat memberi motivasi bagi pemuda dan masyarakat yang turut serta dalam perlombaan tersebut.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar