Sekda Kotabaru Lepas Benih Ikan Bawal dan Kakap Kelaut


Baca Juga


GEMA, TELUK TAMIANG - Dalam rangkaian acara adat Mappanretasi di Desa Teluk Tamiang Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kotabaru, Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad melepas ribuan benih ikan Bawal Bintang dan ikan Kakap Putih kelaut Teluk Tamiang, Minggu (27/10/2019).

Nampak dilapangan rombongan Sekda bersama warga iring iringan menggunakan kapal yang sudah di hias menuju ketengah laut untuk melakukan selamatan dan menurunkan miniatur kapal khas acara adat Mappanretasi sekaligus melepas benih ikan.

Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Kotabaru, Dandim 1004 Kotabaru, Lanal Kotabaru, Polres Kotabaru, Forkopimda, Kepala SKPD, tokoh agama, dan ratusan masyarakat.

Dalam sambutan bupati Kotabaru yang dibacakan oleh Sekda Kotabaru Said Ahmad, mengatakan, pesta laut Mappanretasi yang selalu dilakukan warga nelayan setempat tiap tahunnya bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar para nelayan dalam mencari nafkah (ikan) di laut diberikan kesehatan dan keselamatan dan sebagai rasa syukur atas rejeki yang telah diberikan oleh sang pencipta.

Dan selain itu kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya dan adat istiadat warga Teluk Tamiang yang sudah dilakukan turun temurun, saling mempererat silaturrahmi antara pemerintah dan masyarakat nelayan sehingga tercipta kebersamaan dan persaudaraan yang kuat hingga menjadi inspirasi untuk membangun Kotabaru yang maju dan sejahtera.

"Kegiatan ini bisa menjadi daya tarik pariwisata dan momentum pemanfaatan sumber daya Kelautan perikanan dalam pelestarian lingkungan agar lebih arif hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Sekda.

Ia, pun, menghimbau agar bersama sama menjaga kegiatan adat istiadat daerah ini supaya generasi muda tetap tahu dan kenal dengan melestarikannya sebab ini adalah perjalanan sejarah dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Kegiatan Mappanretasi itu juga d rangkai bersama acara stand kuliner khas makanan daerah setempat dan bakar bakar ikan di sepanjang pantai Teluk Tamiang.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar