Pemkab Kotabaru Berikan Ratusan Lampu Tenaga Surya Untuk Empat Desa


Baca Juga


GEMA, BEKAMBIT - Pemerintah Kabupaten Kotabaru kembali memberikan bantuan ratusan lampu tenaga surya kepada empat desa yang belum teraliri oleh PLN yang dipusatkan di Desa Bekambit Asri Kecamatan Pulau Laut Timur, Minggu (29/9/2019).

Bantuan ini dirangkai dalam kunjungan kerja (Kunker) Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama rombongan sekaligus silaturahmi dengan warga setempat

Sekitar 417 unit lampu tenaga surya tersebut dibagikan kepada warga yang belum teraliri jaringan PLN yaitu, Desa Betung 109 unit, Desa Karang Sari Indah 80 unit, Desa Batu Tunau 152 unit, dan Desa Tanjung Pengharapan 76 unit.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, dalam sambutannya menekankan agar masyarakat tidak salah tanggap dalam menerima bantuan ini, karena banyak yang beranggapan kalau sudah dibantu lampu tenaga surya berarti daerahnya tidak akan dialiri listrik PLN.

"Bantuan ini diberikan untuk sementara kepada warga yang belum bisa teraliri listrik dari PLN dan tidak benar kalau nantinya daerah mereka tidak akan dialiri listrik karena adanya bantuan ini," jelas bupati.

Lebih luas disampaikannya, mengenai bantuan lampu tenaga surya ini diharapkan nantinya untuk dipasang juga dipelihara dengan baik dan mudah-mudahan kedepannya pemerintah daerah bisa melaksanakan program-program lanjutan khususnya dalam hal penerangan listrik.

Dalam kesempatan Ini Sayed Jafar juga menyerahkan bantuan berupa 5 kartu nelayan, bantuan pupuk untuk kelompok Tani Sejakah Makmur Desa Bekambit Asri dan kelompok Tani Sri Unggul Desa Betung.

Dan bantuan bibit karet untuk kelompok Tani Sumber Lestari dan kelompok Tani Sejakah Asri Desa Sejakah, bantuan kegiatan pembangunan jalan produksi perkebunan kepada kelompok Tani Desa Betung serta bantuan dana hibah pengurus Mushola Al Ikhlas Desa Bekambit Asri kecamatan Pulau Laut Timur.

Camat Pulau Laut Timur, Tri Basuki, mengucapkan terimakasih kepada bupati serta pemerintah Kotabaru yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Pulau Laut Timur yaitu lampu tenaga surya yang sangat berarti bagi mereka yang tempat tinggalnya belum teraliri listrik dari PLN.

"Memang masyarakat disini sebagian tempat tinggal mereka agak berjauhan satu sama lain sehingga susah dijangkau listrik dari PLN" ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Basuki juga mengharapkan agar nantinya Pemerintah Kotabaru bisa memberikan bantuan yang lainnya khususnya dalam pengairan lahan pertanian karena melihat sebagian besar masyarakat Pulau Laut Timur berprofesi sebagai petani.

"Semoga saja nanti bisa dibuatkan waduk atau irigasi untuk pengairan lahan pertanian" harapnya.

Penyerahan bantuan lampu tenaga surya hemat energi tersebut dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, Kepala SKPD, Forkopinca, Camat Pulau Laut Timur, Kepala Desa Se- kecamatan Pulau Laut Timur serta tokoh masyarakat dan warga penerima bantuan.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar