Home » » Bupati Kotabaru Jadi Warga Kehormatan Suku Mandar Kerasian

Bupati Kotabaru Jadi Warga Kehormatan Suku Mandar Kerasian

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Jumat, 06 September 2019 Jam : 12:03:00 PM

GEMA, KERASIAN - Warga Suku Mandar yang berada di Pulau Kerasian Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Kotabaru memberikan penghormatan kepada Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dan istri menjadi warga kehormatan Suku Mandar dengan mengenakan pakaian khas Suku Mandar kepada Sayed Jafar dan istri.

Hal tersebut berlangsung sakral saat acara pesta rakyat Suku Mandar berlangsung, Kamis (5/9/2019), di Pulau Kerasian untuk mengenang nenek moyang mereka yang merantau ke daratan kalimantan hanya menggunakan perahu layar.

Pulau Kerasian penduduknya mayoritas adalah nelayan dan untuk itu semua mereka mengenang nenek moyangnya dengan menggelar pesta rakyat Suku Mandar yang dirangkai dengan lomba perahu Katir mini dan khas makanan Suku Mandar.

Selain bupati dan istri nampak juga hadir Dandim 1004 Kotabaru, Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Kepala SKPD, Forkopimda, dan tokoh masyarakat.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan, pegelaran acara ini adalah ucapan rasa syukur kita kepada Allah SWT dan tetap harus dilaksanakan dan dilestarikan untuk mengingatkan kita atas apa yang telah diberikan oleh yang kuasa

"Siapa pun nanti yang jadi bupatinya acara ini harus tetap dilaksanakan dan menjadi agenda tahunan warga setempat agar budaya ini tidak hilang," ungkap bupati.

Ia, pun, mengucapkan terimakasih kepada warga Pulau Kerasian karena dipercaya dan dinobatkan sebagai warga kehormatan Suku Mandar menggunakan pakai adat khas mereka hingga menjadi bagian dari warga setempat.

Acara berlanjut dengan pembagian lampu tenaga matahari secara simbolis kepada warga dan kunjungan ke stand makanan khas Suku Mandar.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved