Aliyudin Sulap Barang Bekas Hingga Bernilai Ekonomis

GEMA, PULAULAUT - Baru dua bulan menjabat sebagai Ketua RT 02 di Kelurahan Baharu Selatan, Pulau Laut Utara, Aliyudin langsung bergerak cepat mengatasi permasalahan di wilayahnya dengan menyulap barang bekas menjadi barang berharga yang mempunyai nilai ekonomis untuk keperluan warga.

Hal tersebut berawal dari keluhan warga masalah iuran setiap ada kegiatan di RT 02 warga selalu terbebani dengan sumbangan tersebut dan menanggapi keluhan warga itu selaku Ketua RT yang baru Aliyudin langsung menawarkan program kerjanya yaitu, gotongroyong, Bank Warga Cinta Lingkungan (BWCL) untuk mengatasi permasalahan yang ada diwilayahnya.

"Ya, kami tawarkan kepada warga bila ada kegiatan warga tidak perlu menyumbang duit akan tetapi menyumbang sampah yang berguna dan bernilai ekonomis," ujarnya.

Lebih luas dijelaskannya, bahwa nantinya sampah atau barang bekas itu akan diambil oleh petugas kerumah rumah warga oleh petugas pengelola untuk dikelola baik dibayarkan secara langsung ataupun dibuat keterampilan yangmana hasilnya untuk kepentingan bersama.

"Saat ini kami belum bisa membayar langsung kepada warga dan apabila BWCL ini sudah maju dan berkembang hingga mempunyai modal baru kami bisa membayarkannya secara langsung jadi sistemnya sama seperti bank sampah lainnya," ungkap Aliyudin.

Ia, pun, berharap kepada warga RT 02 untuk bisa mendukung program ini sepenuhnya dan membiasakan diri untuk lebih cinta terhadap lingkungan dan tak lupa pula dukungan pemerintah terhadap program kami ini dengan memberikan bantuan baik sarana dan prasarana serta modal untuk BWCL yang kami kelola agar tetap eksis dan bisa berkembang sesuai moto "Bank Warga Cinta Lingkungan Dari Warga Untuk Warga Bersih Lingkungan Sehat Keuangan".

Untuk saat ini tambah Aliyudin, kami belum melakukan penjualan sampah ekonomis tersebut karena masih proses mengumpulkan sumbangan sampah dari warga yang jenisnya beragam dan masih menjajaki kerjasama dengan pihak pengempul dari Batulicin dan infonya pengepul tersebut juga menerima sampah daun kering.

Sekedar diketahui bahwa jenis sampah yang dikelola oleh Bank Warga Cinta Lingkungan (BWCL) RT 02 Baharu Selatan ini adalah jenis plastik, kardus, duplek, besi, kaleng/omplang, aluminium, kaleng sprite, kertas HVS, buku, galon, sepeda, drum, botol saus kaca, rak telur, kaset CD.

Bagi warga yang ingin menyumbangkan barang bekas atau sampah jenis tersebut bisa langsung mendatangi sekretariat pengelolaan sampah BWCL RT 02 RW 02 di Jalan Putri Jaleha Gg Irama Kelurahan Baharu Selatan, Pulau Laut Utara, Kotabaru atau bisa menghubungi via telpon/WA No. 082250337331 - 081345299088.

Dengan diresmikannya Bank Warga Cinta Lingkungan di RT 02 oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, Rabu (24/9/2019) tersebut otomatis pengelolaan sampah tersebut sepenuhnya akan dilakukan pengelola setempat.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar