Bank Sampah Hilir, Hitungan Jam 100 Kilogram Sampah Terkumpul


Baca Juga


GEMA, PULAULAUT - Untuk mengurangi banyaknya limbah sampah baik didarat maupun dilaut terutama limbah plastik sehingga aparat Desa Hilir Muara Kecamatan Pulau Laut Utara, membangun bank sampah di Desa mereka agar bersih, sehat juga kreatif.

Agar masyarakat setempat dan sekitarnya mengetahui keberadaan bank sampah dengan nama "Hilir Muara Bercahaya" itu, ketua dan staf bank sampah tersebut terlebih dulu mensosialisasikannya kepada warga hingga berlari hari lamanya.

Kegiatan yang mereka lakukan akhirnya membuahkan hasil sebab tidak lama setelah dibuka hanya hitungan jam bank sampah Hilir Muara Bercahaya sudah bisa mengumpulkan 100 Kilogram lebih sampah dari warga sekitar.

Ketua Bank Sampah Hilir Muara Bercahaya, Muhammad Ramli menjelaskan memang untuk mensosialisakan bank sampah ini ke masyarakat Hilir Muara gampang gampang susah memerlukan waktu sekitar empat hari dan masyarakat juga ikut senang menyambut adanya bank sampah tersebut di kampung mereka.

"Walaupun saat ini anggota bank sampah Hilir Muara Bersinar hanya 10 orang namun kami tatap semangat bekerja dan selain itu tiap bulannya juga mendapatkan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru," ungkap Ramli.

Bank sampah Hilir Muara Bersinar tersebut diresmikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Said Akhmad, Rabu (13/3/2019), diaula kantor Desa Hilir Muara

Nampak hadir dalam acara tersebut Sekda Kotabaru Said Akhmad, Ketua PKK Kotabaru Hajjah Fatma Idiana Sayed Jafar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Forkopimda, dan tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu Said Akhmad mengungkapkan bahwa seluruh lembaga dan kementrian harus bergerak aktif untuk mendukung penanganan sampah yang telah diprogramkan oleh pemerintah agar Indonesia bersih.

"Bank sampah ini merupakan salah satu program tekat Saijaan untuk mengurangi sampah dan sebagai bentuk dukungan kita terhadap program Indonesia bersih," katanya.

Dengan adanya bank sampah ini, lanjut Said Akhmad, diharapkan dapat membangun kesadaran untuk mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri.

Semoga kedepannya semakin banyak bank sampah yang didirikan di desa-desau diwilayah Kabupaten Kotabaru sehingga dapat mendukung terwujudnya Kotabaru yang bebas sampah dan masyarakat yang berbudaya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar