Minggu, 21 Oktober 2018

Puluhan Koperasi dan UKM di Kotabaru Ikuti Pelatihan Kompetensi

Puluhan Koperasi dan UKM di Kotabaru Ikuti Pelatihan Kompetensi

GEMA, PULALAUT - Menghadapi era digital saat ini puluhan koperasi dan UKM di Kabupaten Kotabaru mengikuti pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi level manajer, kepala cabang KSP, USP koperasi dan pemanfaatan platform digital sebagai bekal dan syarat dalam menjalankan usaha mereka yang harus bersertifikat kompetensi, Minggu (21/10/2018) pagi, di Meeting Room Hotel Kartika Kotabaru.

Acara ini gelar oleh KSP Amanah Madani Kotabaru bekerjasama dengan pihak Telkom Indonesia, yayasan Pikir dan Dinas Koperasi UKM dan perindustrian Kotabaru selama Tiga hari mulai tanggal 21 hingga 23 Oktober 2018.

Ketua KSP Amanah Madani Kotabaru, Juniansyah selaku panitia mengatakan, bahwa, kegiatan ini pertama kali dilakukan diluar dana pemerintahan dan acara ini di dukung oleh pihak Telkom Indonesia juga institut Pikir sebagai pembekalan bagi koperasi dan UKM yang ada di Kotabaru dalam pengelolaan dan pengembangan usaha mereka di era digital saat ini.

"Mereka wajib memiliki sertifikasi kompetensi karena harus sesuai dengan regulasi pemerintahan dalam menjalankan usaha mereka dan saat ini hanya sekitar 25 koperasi sebab terkendala pendanaan dan kalau pun lancar nanti kami akan ajukan kembali diklat ini, ungkap Juni.

Para peserta diklat diberikan materi bagaimana menjadi mitra Telkom dalam hal ini transaksi secara online baik pinjaman maupun pemasaran

Selain itu mereka juga melakukan tanya jawab kepada nara sumber diantaranya mengenai tata cara pengelolaan koperasi baik simpan pinjam maupun suku bunga untuk nasabah dan transaksi UKM bagaimana agar bisa menarik di pasaran nasional maupun internasional.

Salahsatu peserta diklat mengatakan bahwa pihak Telkom agar melakukan sosialisasi dan pelatihan berkelanjutan mengenai program kemitraan tersebut kepada pihak UKM karena hal ini programnya baru.

"Kalau mau program ini bisa jalan maka pihak telkom harus jemput bola jangan hanya menunggu keluhan dari para koperasi maupun UKM," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut pihak Telkom Indonesia, Senja Rizkiyah Putri mengatakan bahwa, untuk saat ini memang di Kotabaru baru pertama kali adanya mitra Telkom ini namun kami akan menggandeng para mitra usaha tersebut dengan melakukan sosialisasi berkelanjutan.

Dan kalau pun ada kendala masalah teknis dalam pelaksanaannya nanti pihak Telkom akan mendatangi lokasi setempat untuk berkoordinasi.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Politeknik Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Indocement

Politeknik Kotabaru Berikan Penghargaan Kepada Indocement

GEMA, PULAULAUT - Sebagai wujud keseriusan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk dunia pendidikan PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Plant Tarjun Tbk, telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) bersama sejumlah sekolah dan perguruan tinggi khususnya Kotabaru dan Tanah Bumbu serta wilayah Kalimantan Selatan pada umumnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, pada saat acara Wisuda Politeknik Kotabaru pihak Indocement menerima penghargaan yang di serahkan oleh staf ahli Gubernur Kalsel bidang pemerintahan hukum dan politik kepada salahsatu perwakilan Indocement, Sabtu (20/10/2018) di kampus Politeknik Kotabaru.

Dalam acara itu nampak hadir Ketua LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Prof Idiannor Mahyudin, Ketua DPRD Kotabaru, Wakil Bupati Kotabaru, Asisten I Setda Kotabaru, dan pihak lainnya.

Perwakilan management Indocement, Agus Rifani mengatakan, bahwa, tujuan diadakannya kerjasama ini tentunya sebagai wujud nyata kepedulian dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi berbasis kompetensi yang sesuai dan selaras (link and match) dengan industri, dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

"Tentunya hal ini merupakan bentuk perhatian nyata dari Indocement dalam peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia utamanya bagi kalangan mahasiswa," tuturnya.

Dikatakannya lebih jauh, perusahaan terus berkomitment membantu Politeknik Kotabaru untuk pembangunan fasilitas pendukung.

"Kami dari perusahaan saat ini membantu material semen sejak bulan September 2018 hingga Desember 2018 dalam setiap bulannya sebanyak 4 ton," tambahnya.

Khusus di Kotabaru pihak Indocement telah melaksanakan kerjasama di beberapa tempat seperti halnya SMKN 1 dan 2 Kotabaru serta perguruan tinggi Politeknik sedangkan untuk Kabupaten Tanah Bumbu sendiri, ada beberapa sekolah yakni SMKN 1 dan 2 Simpang Empat, SMKS Kodeco dan SMKS Tunas Bangsa.

Senada dengan itu, Direktur Politeknik Kotabaru Ibnu Faozi menyatakan, Politeknik Kotabaru selain mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah juga didukung oleh perusahaan-perusahaan yang ada di seputaran wilayah Kotabaru.

"Terimakasih kepada para pihak yang mendukung sehingga Politeknik bisa seperti sekarang," katanya.

Sementara, Prof Idiannor Mahyudin menilai, pastinya kehadiran Politeknik Kotabaru sangat bermanfaat untuk masyarakat secara umum dan tentunya juga pelajar yang telah lulus di bangku pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, tidak perlu keluar daerah untuk bisa mengecam pendidikan sesuai dengan kebutuhan.

"Kotabaru terdiri dari pulau-pulau dan dengan adanya Politeknik tentunya sangat membantu untuk mendapatkan pendidikan tinggi sebagaimana yang diharapkan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu staf ahli Gubernur Kalsel Drs Burhanudin M Si menyampaikan, perguruan tinggi tetap di jaga dengan baik karena jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak dalam upaya peningkatan sumber daya manusia.

"Gubernur Kalsel senantiasa mendukung Politeknik Kotabaru yang tentunya menjadi salah satu tujuan sebagai langkah dalam peningakatan sumber daya manusia yang handal," ungkapnya.
















- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online