Home » » Sudah 12 Puskesmas di Kotabaru Melayani Rawat Inap

Sudah 12 Puskesmas di Kotabaru Melayani Rawat Inap

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Senin, 31 Desember 2018 Jam : 8:58:00 AM


GEMA, PULAULAUT - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hajjah Ernawati mengatakan, sampai dengan tahun ini sudah ada 15 puskemas di Kotabaru, 12 di antaranya sudah melayani rawat inap.

Sedangkan 3 puskesmas masih dalam proses karena baru selesai dibangun diantaranay, Puskesmas Marabatuan, Pulaulaut Tanjung Selayar, dan Puskemas Tanjung Samalantakan.

Menurut Ernawati, 15 puskemas akan melayani rawat inap dari 28 total jumlah puskesmas yang ada dan tersebar di Kotabaru kecuali wilayah perkotaan.

"Seiring keinginan bupati menghendaki, semua puskemas ada perawatan inap apalagi yang jauh," jelasnya.

Menyinggung masih ada 13 puskemas tersisa belum melayani rawat inap, ditambahkan Ernawati, pihaknya menarget paling lambat 2021 semua puskemas di Kotabaru melayani rawat inap.

"2021 semuanya puskesmas melayani rawat inap, asal tidak ada pengurangan dana. Di luar dalam kota, karena bupati programnya seperti itu," ujarnya.

Selain solusi lain, beberapa puskemas bekerja sama dengan rumah sakit Tanah Grogot, Kaltim dalam meningkatkan pelayanan kesehatan karena jarak puskemas lebih dekat ke Tanah Grogot dibanding ke Kotabaru.

"Contoh seperti puskesmas Bakau perawatan, tapi kalau tidak bisa menangani di tingkat dasar dirujuk ke rumah sakit tipe B karena jauh ke Kotabaru," ucapnya.

Lanjut Ernawati, mengenai akan dilakukannya pelayanan rawat inap di semua puskemas direncanakan paling lambat 2021, pihaknya juga telah mempersiapkan peralatan medis maupun dokter.

Untuk tenaga dokter misalnya, lanjut Ernawati, selain yang lulus di penerimaan CPNS tahun 2018, nanti pada 2019 mendatang akan ada lagi penerimaan PTT.

"2019 mendatang ada penerimaan lagi, kalau tidak salah ada 5 PTT," terangnya.

Sementara untuk satu puskesmas melayani rawat inap, minimal diperlukan dua dokter, satu orang PNS dan satu PTT karena pelayanan selama 24 jam.

Walau masih belum terpenuhi, tapi sudah ada beberapa puskesmas yang dua dokternya. Di antaranya puskesmas Sungaikupang, Sengayam dan Sungaidurian.

"Sedangkan fasilitas kami terus melengkapi," pungkasnya.











- Sumber : banjarmasin.tribunnews.com
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved