Home » » ASKS di Kotabaru Jadi Acuan Kabupaten Lain di Kalsel

ASKS di Kotabaru Jadi Acuan Kabupaten Lain di Kalsel

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 14 November 2018 Jam : 9:59:00 PM

GEMA, PULAULAUT - Walaupun pagelaran Aruh Sastra Kalimantan Selatan ke XV di Kabupaten Kotabaru yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 10 November 2018 sudah berakhir namun kisahnya masih terngiang dan dibawa masing masing kab/kota di Kalsel ke daerah asal mereka untuk di jadikan acuan karena dianggap sukses menggelar acara sastra tahunan tersebut.

Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sendiri sudah memasuki putaran kedua dalam pelaksanaan ASKS ini yangmana pada tahun 2006 juga pernah menjadi tuan rumah dan pelaksanaannya pun sukses hingga menjadi buah bibir kabupaten lain untuk dijadikan acuan ASKS oleh kabupaten lain.

Hal ini tentunya membuat Kabupaten Kotabaru tidak terlena dengan hasil yang di dapat namun akan terus berbenah untuk kemajuan kesenian dan sastrawan di daerah dengan menggandeng pihak pihak terkait bersama memajukannya dari semua aspek baik sarana dan prasarananya.

Ketua panitia pelaksana ASKS XV, Helwatin Najwa mengatakan, memang kita dijadikan acuan oleh kabupaten lain di Kalsel karena sukses saat pelaksanaan ASKS pada tahun 2006 lalu dari semua aspek hingga putaran kedua 2018 ini kita pun sukses melaksanakannya dan di respon positif oleh kabupaten lain.

"Kesuksesan ini sebenarnya hasil kerjasama dari semua pihak terkait karena tahun ini harus lebih baik dari tahun 2006 lalu inilah dasar kami dan merupakan tantangan bagi panitia pelaksana dalam hal ini Disbudpar agar lebih meriah," ungkap Najwa.

Memang, tambahnya, konsep pelaksanaan ASKS ditiap Kabupaten berbeda beda tergantung daerah setempat dan tidak ada aturan baku mengenai hal itu namun ASKS Kalimantan ke XV di Kotabaru kali ini mengangkat tema "Mengungkap Tabir Eksotik Negeri Halimun" dengan hasil karya puisi alm Eko Suryadi WS.

Lebih luas ia, menjelaskan, pelaksanaan ASKS 2006 lalu menampilkan teater Sastra dan puisi dengan keterbatasan sarana publikasi ke masyarakat luas akan tetapi bisa sukses apalagi dijaman sekarang semua sarana publikasi tersedia dan kita Kotabaru pada ASKS 2018 ini menggelar festival mamanda se Kalsel yang diikuti oleh 10 kab/kota.

"Alhamdulillah, acara berjalan lancar hingga akhir pelaksanaan dan sukses berkat kerjasama semua pihak dengan harapan bisa menjadi cerita indah dan moment bagi kabupaten lain," paparnya.

Informasi yang di dapat bahwa pelaksanaan ASKS ke XVI nantinya yang sudah siap menjadi tuan rumah adalah dari Kabupaten Tanah Bumbu.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved