Home » » Puluhan Koperasi dan UKM di Kotabaru Ikuti Pelatihan Kompetensi

Puluhan Koperasi dan UKM di Kotabaru Ikuti Pelatihan Kompetensi

Hak Cipta By : Gema Saijaan Posting Hari : Minggu, 21 Oktober 2018 Jam : 12:56:00 PM

GEMA, PULALAUT - Menghadapi era digital saat ini puluhan koperasi dan UKM di Kabupaten Kotabaru mengikuti pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi level manajer, kepala cabang KSP, USP koperasi dan pemanfaatan platform digital sebagai bekal dan syarat dalam menjalankan usaha mereka yang harus bersertifikat kompetensi, Minggu (21/10/2018) pagi, di Meeting Room Hotel Kartika Kotabaru.

Acara ini gelar oleh KSP Amanah Madani Kotabaru bekerjasama dengan pihak Telkom Indonesia, yayasan Pikir dan Dinas Koperasi UKM dan perindustrian Kotabaru selama Tiga hari mulai tanggal 21 hingga 23 Oktober 2018.

Ketua KSP Amanah Madani Kotabaru, Juniansyah selaku panitia mengatakan, bahwa, kegiatan ini pertama kali dilakukan diluar dana pemerintahan dan acara ini di dukung oleh pihak Telkom Indonesia juga institut Pikir sebagai pembekalan bagi koperasi dan UKM yang ada di Kotabaru dalam pengelolaan dan pengembangan usaha mereka di era digital saat ini.

"Mereka wajib memiliki sertifikasi kompetensi karena harus sesuai dengan regulasi pemerintahan dalam menjalankan usaha mereka dan saat ini hanya sekitar 25 koperasi sebab terkendala pendanaan dan kalau pun lancar nanti kami akan ajukan kembali diklat ini, ungkap Juni.

Para peserta diklat diberikan materi bagaimana menjadi mitra Telkom dalam hal ini transaksi secara online baik pinjaman maupun pemasaran

Selain itu mereka juga melakukan tanya jawab kepada nara sumber diantaranya mengenai tata cara pengelolaan koperasi baik simpan pinjam maupun suku bunga untuk nasabah dan transaksi UKM bagaimana agar bisa menarik di pasaran nasional maupun internasional.

Salahsatu peserta diklat mengatakan bahwa pihak Telkom agar melakukan sosialisasi dan pelatihan berkelanjutan mengenai program kemitraan tersebut kepada pihak UKM karena hal ini programnya baru.

"Kalau mau program ini bisa jalan maka pihak telkom harus jemput bola jangan hanya menunggu keluhan dari para koperasi maupun UKM," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut pihak Telkom Indonesia, Senja Rizkiyah Putri mengatakan bahwa, untuk saat ini memang di Kotabaru baru pertama kali adanya mitra Telkom ini namun kami akan menggandeng para mitra usaha tersebut dengan melakukan sosialisasi berkelanjutan.

Dan kalau pun ada kendala masalah teknis dalam pelaksanaannya nanti pihak Telkom akan mendatangi lokasi setempat untuk berkoordinasi.











- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved