Tiga Kementerian Tinjau Kawasan Ekonomi Khusus di Kotabaru

GEMA, TANJUNG SELAYAR - Angin segar bagi iklim investasi industri di Kabupaten Kotabaru, pasalnya tim analisis dari tiga kementrian yang dipimpin oleh Totok Arie wibowo meninjau langsung lokasi pemanfaatan aset dan lokasi pendukung KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), Rabu (14/2/2018).

Kepala BAPPEDA Kotabaru, Zainal Arifin mengatakan, kedatangan tiga kementrian terdiri dari Kementrian Ekonomi, Kementrian Industri dan Kementrian Pariwisata ini terkait usaha percepatan penetapan KEK di Kabupaten Kotabaru.

Senada dengan itu, Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad juga sangat mengharapkan penetapan KEK di Kabupaten Kotabaru cepat terwujud.

Menurutnya, kotabaru layak untuk dijadikan KEK, hal tersebut merupakan satu kebijakan yang sangat baik dalam memberikan dorongan investasi bagi daerah.

"Dengan nawaitu KEK harus diwujudkan dan pemerintah daerah akan terus siap membantu di lapangan, Pemkab Kotabaru sendiri akan menerima apapun yang terbaik, yang penting KEK cepat terwujud," ungkap Said Akhmad.

Said Akhmad pun menegaskan, kalau pekerjaan ini dikeroyok sama sama dengan mendapat dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan daerah secara umum tentu tidak akan ada masalah dalam perwujudan KEK ini.

Sementara itu, Totok  menjelaskan kegiatan ini merupakan niatan kementrian pusat dalam meliat inisiatif persiapan dari daerah dalam mendukung suksesnya penetapan KEK di Kotabaru.

Tambahnya, saat ini kegiatan ekonomi di daerah barat lebih hidup, sehingga sebelum ditetapkan, daerah harus benar benar siap dalam menghadapi perkembangan industri. Detail tekhnis harus perlu selau dikomunikasikan daerah ke pusat sehingga memudahkan sinergi dalam pengambilan tindakan.

Kawasan KEK merupakan prospek cerah untuk daerah kabupaten yang berkembang apalagi seperti Kabupaten Kotabaru yang banyak mempunyai potensi SDA

Sebelumnya, hasrat Kabupaten Kotabaru untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus sejak tahun 2016.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru sendiri optimis bahwa Kotabaru layak menjadi daerah Kawasan Ekonomi Khusus karena saat ini banyak potensi sektor pariwisata dan perikanan yang bisa mendukung terwujudnya KEK di Kabupaten Kotabaru.

Selain itu dari letak posisi Kabupaten Kotabaru juga sangat mendukung dan terintegrasi dengan pengembangan kawasan kota Maritim Nasional dan jalur tol laut.








- Penulis : Reza Fahlevi - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar