Home » » Tanaman Anggrek Bulan di Kotabaru Mulai Punah

Tanaman Anggrek Bulan di Kotabaru Mulai Punah

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Sabtu, 27 Januari 2018 Jam : 10:18:00 PM

GEMA, PULAULAUT - Kabupaten Kotabaru memiliki areal hutan yang luas dengan kekayaan alam yang berlimpah tentu sangat cocok untuk pengembangan tanaman anggrek bulan yang sudah mulai punah.

Untuk menjaga dan melestarikan anggrek species Kotabaru tersebut dari kepunahan maka dibentuklah Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DPC Kotabaru yang diketuai oleh Hj Fatma Idiana Sayed Jafar,  Sabtu (27/1/2018) di Wisata Hutan Meranti.

Tanaman anggrek nantinya akan terus dikenalkan dengan melakukan gerakan tanam anggrek di tempat umum dan pohon-pohon besar agar bisa menumbuhkan rasa cinta sebagai wujud pelestarian anggrek di Kabupaten Kotabaru, ungkap Fatma Idiana.

Sekretaris PAI DPC Kotabaru Susan menjelaskan pengukuan PAI Kabupaten Kotabaru terlaksana mengingat sudah banyaknya komunitas pecinta anggrek yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Anggrek (Orchidaceae) merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika.

Pemkab Kotabaru melalui Sekretaris Daerah, Said Akhmad sangat mengapresiasi atas terbentuknya PAI DPC Kotabaru dan kepada pengurus yang ada agar tanaman anggrek dikembangkan tidak hanya dirumah rumah tapi bisa diciptakan suatu areal wisata anggrek, agar nantinya bisa menjadi daya tarik wisata untuk menambah PAD Kotabaru.

"Nantinya para pengurus bisa menciptakan areal wisata anggrek di hutan meranti ini, biar kedepannya bisa mengadakan pameran tingkat nasional dan Kotabaru siap menjadi tuan rumah," ujar Said Akhmad.

Selain pengukuhan PAI DPC Kotabaru dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penanaman anggrek species kotabaru yaitu anggrek bulan (phalaenopsis amabilis), cymbidium , coelogyne foestermani, coelogyne rochusrnii, bulbophyllum vaginatum, coelogyne pandurata (anggrek hitam) , dan jenis lainnya.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2019. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved