Home » » Ratusan Warga Datangi Puskesmas Hampang

Ratusan Warga Datangi Puskesmas Hampang

Hak Cipta By : gemasaijaanonline Posting Hari : Rabu, 08 November 2017 Jam : 10:18:00 PM

GEMA, HAMPANG - Ratusan warga berbondong bondong mendatangi Puskesmas Hampang untuk  mengetahui langsung kesehatan diri mereka dan mayoritas adalah para ibu-ibu.

Hal tersebut terkait adanya himbauan TP PKK Kabupaten Kotabaru bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), terhadap perempuan untuk memeriksakan organ intim dan payudara agar perempuan bebas kanker leher rahim.

Kegiatan tersebut digaungkan pemerintah daerah dalam rangka memperingati Kanker Payudara Internasional, di bulan Oktober.

Camat Hampang, Ani Sulistiawati menjelaskan bahwa masyarakat Hampang menyambut baik pemeriksaan tes IVA gratis ini terbukti banyaknya perempuan mendaftar di Puskesmas perawatan Hampang untuk menjalani tes.

Dari pemeriksaan gratis ini masyarakat Hampang khususnya untuk perempuan punya kesempatan dalam mencegah penyakit pada organ vital dan payudara.

"Respon masyarakat Hampang sangat positif dan sekitar 250 orang sudah mendaftar untuk menjalani test IVA," jelas Ani.

Ketua TP PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana saat meninjau langsung tes IVA (pemeriksaan kanker serviks dan payudara) di Puskesmas Perawatan Hampang mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung perempuan bebas kanker leher rahim dan memperingati bulan kanker payudara internasional yang jatuh bulan Oktober.

"Wujudkan wanita Kotabaru bebas kanker serviks dan payudara melalui tes IVA dan Sadanis, ibu yang sehat akan melahirkan anak yang sehat," jelas Fatma.

Tambahnya, Kegiatan ini merupakan upaya kita bersama untuk mencegah penyakit kanker dalam upaya promotif preventif. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan masyarakat karena kecederungan kasus kematian akibat kanker semakin meningkat.

Pemeriksaan IVA dan Sadanis memerlukan biaya sekitar Rp 60 ribu. Karena itu, pemeriksaan gratis ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memeriksakan payudara dan kesehatan organ vitalnya.

Kasus kanker pada perempuan, jelas kadinkes, tertinggi di dunia adalah kanker payudara. Berdasarkan data Globocan tahun 2012, kasus baru kanker tertinggi pada wanita adalah kanker payudara, yaitu sebesar 40,3/100.000 dengan rate kematian 16,6/100.000, sedangkan kanker leher rahim sebesar 17,3/100.000 dengan rate kematian 8,2/100.000.










- Penulis : Reza - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved