Indocement Bangun Kampung Mangrove di Kotabaru

GEMA, LANGADAI - Industri semen merek Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk membangun Kampung Mangrove, di Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, KalimantanSelatan.

Manager Coorporate Social Responsibility/Cummunity Development PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tarjun H Teguh Iman Basoeki, di Kotabaru, Rabu (14/6), mengatakan di Kampung Mangrove tersebut dilengkapi aneka makanan dan minuman khas yang menggunakan bahan baku diperoleh dari kawasan hutan mangrove.

"Seperti jus dan sirup mangrove, petis, budi daya kepiting angsoka, dan lainnya," katanya.

Untuk mewujudkan Kampung Mangrove, Indocement telah menggandeng beberapa lembaga pendidikan, instansi pemerintah, swasta, kelompok masyarakat, media, dan pihak yang bekepentingan untuk menanam mangrove.

Kampung mangrove kini telah banyak dikunjungi masyarakat, lembaga pendidikan, instansi pemerintah, swasta, kementerian dan pihak-pihak lain untuk melakukan penelitian.

"Bahkan banyak wisatawan yang berkunjung ke kampung mangrove Desa Langadai," kata dia.

Indocement menargetkan menjadikan sebuah kawasan terpadu hutan mangrove menjadi salah satu wisata, sekaligus melakukan penataan lingkungan hutan mangrove yang bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat Desa Langadai khususnya, dan Kotabaru pada umumnya sehingga bisa menjadi contoh daerah lain.

Selain itu Indocement menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain untuk mengembalikan fungsi hutan mangrove Desa Langadai.

Upaya memperbaiki kawasan hutan mangrove sekaligus menjadikan hutan wisata yang dilakukan Indocement mulai terlihat hasilnya, perkembangan luas hutan mangrove sekitar 3,4 hektare kini menjadi 9,7 hektare, dan masih terus dilakukan perbaikan pada kawasan lain yang kondisinya rusak.

Mendukung program tersebut, Indocement membangun infrastruktur jembatan di lingkungan hutan mangrove, pendidikan dan awareness kepada warga termasuk pengolahan produk-produk ikutan mangrove, pembuatan kelompok kerja pembibitan mangrove.

Diharapkan kampung mangrove Langadai bisa menjadi salah satu ikon di Kabupaten Kotabaru, oleh karenanya perlu dukungan dari pemerintah, dan semua pihak untuk merawat dan mempromosikan gutan wisata mangrove satu-satunya di Kalimantan Selatan.










- Sumber : travel.akurat.co
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar