Sayed Jafar Hadiri Rakornas Penanganan Konflik Sosial

GEMA, JAKARTA - Bupati Kotabaru Sayed Jafar menghadiri Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial yang digelar Kementrian Dalam Negeri (KEMENDAGRI) Republik Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta (15/03.

Rakornas Tim terpadu penanganan konflik sosial yang berlangsung selama satu hari ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, bertujuan untuk menjamin stabilitas keamanan di daerah dan meningkatkan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah maupun  antar instansi, yaitu pemerintah dan aparat penegak hukum untuk mencegah konflik sosial terjadi.

Kemendagri menggandeng unsur dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI/POLRI dan lainnya. Sehingga, setiap kerawanan di daerah, baik kerawanan konflik, narkoba, dan bencana, dapat segera terdeteksi dan diantisipasi.

Secara umum pengertian konflik sosial adalah sebagai suatu proses sosial antara dua pihak atau lebih ketika pihak yang satu berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tidak berdaya. Latar belakang adanya konflik adalah adanya perbedaan yang sulit ditemukan kesamaannya atau didamaikan baik itu perbedaan kepandaian, ciri fisik, pengetahuan, keyakinan, dan adat istiadat.  










- Penulis : Reza Fahlevi - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share on Google Plus

Tentang gemasaijaanonline

Gema Saijaan Online memberikan informasi seputar Kabupaten Kotabaru untuk ikut mencerdaskan anak bangsa

0 Comments :

Posting Komentar