Home » » PT ITP Tarjun Bantu Rehab Jembatan Sungai Bamban

PT ITP Tarjun Bantu Rehab Jembatan Sungai Bamban

Hak Cipta By : Gema Saijaan Posting Hari : Senin, 06 Februari 2017 Jam : 2:12:00 PM

GEMA, SERONGGA - PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk Plant Tarjun kembali menyalurkan bantuan rehab total jembatan Sungai Bamban yang rusak parah di Kecamatan Kelumpang Hilir.

Jembatan tersebut merupakan akses penghubung singkat antara Desa Cantung Kiri Hilir dan Desa Sungai Kupang. Dengan perbaikan tersebut sangat membantu masyarakat.

CSR Section Head Indocement Plant Tarjun, H Nor Imansyah menjelaskan, untuk jembatan Sungai Bamban sendiri dibangun sejak tahun 2001 oleh Indocement. Namun, setelah lebih dari 15 tahun tentunya kondisi jembatan mengalami penurunan pondasi karena sering dilewati truk bermuatan pupuk dan sawit.

“Setelah ada permohonan dari desa awal Desember 2016 kemarin, sebagai tahap awal kami melakukan survey dimulai pada pertengahan Desember 2016 dan pada Januari 2017 dimulai pekerjaannya yang dilaksanakan oleh tim dari Indocement yang berkoordinasi dengan pihak Desa Cantung Kiri Hilir dan Desa Sungai Kupang,” papar Imansyah.

Disisi lain Kepala Desa Cantung Kiri Hilir Fitriansyah, menceritakan terkait dengan kondisi jembatan Sungai Bamban yang rusak parah sehingga akses kedua masyarakat yang ada di dua desa terhambat dengan panjang jembatan sekitar 9×6 meter.

“Kondisi jembatan bisa dikatakan rusak parah karena badan jalan jembatan sudah turun hingga hampir ke dasar sungai dan apabila turun hujan maka tidak bisa dilewati oleh warga,” terangnya.

Akses jembatan merupakan satu-satunya yang dimiliki dua desa dan sebagai jalur alternatif ke kampung seberang dengan waktu yang relatif singkat.

“Memang ada jalan lain yakni jalan masuk menuju perusahaan perkebunan kelapa sawit di Blok I, hanya saja waktu tempuhnya jauh sehingga akan memakan waktu lebih lama,” jelasnya.

Melihat kondisi jembatan sudah pernah diajukan ke Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2016 lalu, akan tetapi dalam penanganannya lambat. Dan akhirnya pihak warga berinisiatif untuk meminta bantuan kepada Indocement.

Kerusakannya sendiri, lanjut Fitriansyah, sudah hampir 2 tahun dan upaya sebelumnya yang telah dilakukan dengan gotong royong warga tidak bertahan lama.

“Dengan adanya perbaikan yang dilakukan oleh Indocement warga sangat bersyukur dan berterimakasih, karena selalu pro aktif dalam memberikan bantuan kepada desa-desa binaannya,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Sungai Kupang mengutarakan, sejak di usulkan ke Musrebang yang belum ada realisasinya tentunya menjadi pemikiran warga untuk bisa mencari alternatif lainnya mencari bantuan agar akses jembatan bisa mendapatkan perhatian.

“Akhirnya, setelah kami bicara dan minta bantuan dengan management Indocement melalui program CSR dapat merealisasikannya sebagaimana harapan kami, dan jujur saja kami sangat senang dan bangga serta mengucapkan terimakasih. Dan, mudah-mudahan ini jadi momemnt yang baik selain itu juga agar kerjasama yang telah terbangun terus berlanjut dan program-program CSR Indocement lebih memperhatikan warga,” ucapnya.












- Penulis : MN Fauzi Rahman - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Share this article :

0 komentar:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

Komentar Anda Kami Anggap SPAM Bila Mengandung Unsur SARA, Pornografi, DLL ... !

Pilih Bahasa

 
Address : Jl.Jendral Sudirman No.82 Kabupaten Kotabaru
Telphone : 0812 5138 5020
Em@il : gemasaijaan@gmail.com
Website : www.gemasaijaanonline.info
Copyright © 2011-2016. Gema Saijaan Kotabaru Online - All Rights Reserved