Kamis, 22 September 2016

Desember 2016 Pemkab Kotabaru Bentuk 32 SKPD

Desember 2016 Pemkab Kotabaru Bentuk 32 SKPD

GEMA, PULAULAUT - Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan merencanakan Desember 2016 membentuk 32 Satuan Kerja Perangkat Daerah, sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

"Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kotabaru telah disahkan Legislatif bersama Eksekutif menjadi Peraturan Daerah (Perda) dengan demikian Pemkab Kotabaru segera menyesuaikan kelembagaan yang ada," kata Kabag Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kotabaru Minggu Basuki, di Kotabaru Rabu.

Lembaga yang bakal dibentuk meliputi, 24 dinas, lima badan, dua sekretariat dan satu inspektorat.

Selain mengacu pada UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan PP No.18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, pembentukan SKPD tersebut juga mempertimbangan visi dan misi bupati serta kondisi daerah.

Susunan SKPD yang akan dibentuk Sekretariat Daerah Kotabaru merupakan Sekretariat Daerah Tipe A, Sekretariat DPRD Kotabaru merupakan Sekretariat DPRD Tipe B, Jnspektorat Daerah Kabupaten Kotabaru merupakan Inspektorat Tipe A.

Dinas Pendidikan dan kebudayaan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pendidikan dan kebudayaan, Dinas Kesehatan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kesehatan, dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan sub urusan bina marga dan sub urusan sumber daya air.

Selanjutnya Dinas Cipta Karya Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan sub urusan cipta karya, sub urusan jasa usaha konstruksi dan sub urusan pemerintahan penataan ruang, dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang perumahan dan kawasan permukiman dan urusan pemerintahan bidang pertanahan.

Dinas Sosial Tipe B menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, urusan pemerintahan bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, serta Dinas Ketahanan Pangan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang ketahanan pangan.

Kemudian Dinas Lingkungan Hidup Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang lingkungan hidup dan urusan pemerintahan bidang kehutanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pemberdayaan masyarakat dan desa.

Dinas Perhubungan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang perhubungan wilayah daratan dan urusan pemerintahan bidang perhubungan wilayah kepulauan, Dinas Komunikasi dan Informatika Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, urusan pemerintahan bidang persandian dan urusan pemerintahan bidang statistik.

Dikatakan, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan urusan pemerintahan bidang Perindustrian; Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu; dan Dinas Pemuda dan Olahraga Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kepemudaan dan olahraga.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kearsipan dan urusan pemerintahan bidang perpustakaan; Dinas Perikanan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kelautan dan perikanan; Dinas Pariwisata Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pariwisata; dan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pertanian.

Sedangkan Dinas Petemakan dan Kesehatan Hewan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang pertanian; Dinas Perdagangan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang perdagangan; Dinas Transmigrasi dan Ketenagakeijaan Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang transmigrasi dan urusan pemerintahan bidang tenaga kerja.

Satuan Polisi Pamong Praja Tipe A menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang ketentraman dan ketertiban umum, sub urusan kebakaran dan sub urusan linmas.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tipe B melaksanakan fungsi penunjang penaggulangan bencana, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tipe A melaksanakan fungsi penunjang perencanaan pembangunan daerah dan fungsi penunjang penelitian dan pengembangan; dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Tipe A melaksanakan fungsi penunjang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan.

Serta Badan Keuangan dan Aset Daerah Tipe A melaksanakan fungsi penunjang keuangan dan aset daerah; dan Badan Pendapatan Daerah Tipe A melaksanakan fungsi penunjang pendapatan daerah.

Kabag Hukum Basuki menambahkan, saat ini Perda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kotabaru telah disahkan Legislatif bersama Eksekutif menjadi Peraturan Daerah, dan kini dalam proses lebih lanjut.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kotabaru M Arif menjelaskan, Perda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kotabaru, merupakan implementasi dari PP No.18 tahun 2016 yang dalam kekiniannya sebagai bentuk penyesuaian atas organisasi pemerintahan daerah.

"Karena diketahui, mengacu pada PP No.18/2016 dan nomenklatur di Kabupaten Kotabaru mengalami beberapa perubahan klasifikasi atau tipe dinas, sehingga ada sejumlah dinas yang tadinya dua sekerang digabung menjadi satu dinas," terang Arif.

Dia menyontohkan sekretariat dewan di DPRD Kotabaru yang tadinya tipe A, bersamaan dengan pemberlakuan PP No.18/2016 maka berubah menjadi tipe B, sehingga dari empat kepala seksi (Kasi) yang sebelumnya, sekarang dikurangi menjadi tiga Kasi saja. 










- Sumber : kalsel.antaranews.com
Proses Penimbangan Barang Haji Kloter 06 BDJ Lancar

Proses Penimbangan Barang Haji Kloter 06 BDJ Lancar

GEMA, MEKKAH - Jamaah haji Kloter 06 BDJ gabungan Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Banjar, sudah berkemas barang-barang untuk berangkat ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Rabu, (21/9) pukul 17.20 WAS, sekitar tiga jam perjalanan.

Semua barang jamaah haji baik tas koper dan tentengan jamaah sudah dilakukan penimbangan pada pagi hari dan lebih awal diberangkatkan ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Dan sekitar 299 jamaah haji Kloter 06 BDJ diberangkatkan ke Jeddah dengan tujuh armada bus.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Kloter 06 BDJ, H Sulaiman, memang saat ini jamaah haji difokuskan untuk persiapan keberangkatan pemulangan ketanah air baik barang bawaan dan hal hal lainnya.

"Penimbangan barang sudah dilakukan tadi pagi di pemondokan atau hotel dan langsung diangkut ke bandara, alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai dengan peraturan dari Pemerintah Arab Saudi yaitu 32 kilogram untuk tas koper dan tujuh kilogram untuk tas tentengan," beber ketua kloter.

Ditambahkan H Sulaiman, hingga saat ini keadaan semua jamaah haji dalam keadaan sehat, ceria dan bahagia, dengan semangat yang tinggi karena sudah banyak yang ingin pulang ke kampung halaman bertemu keluarga mereka.

"Kami memohon kepada seluruh keluarga jamaah untuk bisa mendoakan bersama agar semua proses pemulangan ini berjalan dengan lancar dan aman hingga sampai ketanah air," harapnya.

Sekedar diketahui bahwa rombongan jamaah haji Kloter 06 BDJ gabungan dari Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu, dan Kabupaten Banjar, akan meninggalkan tanah suci, Kamis, (22/9/2016) pukul 03. 40 WAS dan tiba Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, pukul 18.40 Wita. 








- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online
Jamaah Haji Kotabaru Sudah Selesai Tawaf Wada

Jamaah Haji Kotabaru Sudah Selesai Tawaf Wada

GEMA, MEKKAH - Tidak terasa musim haji tahun 2016 akan berakhir dan perlahan lahan jamaah haji seluruh dunia termasuk jamaah haji asal Kabupaten Kotabaru, kini mulai meninggalkan tanah suci untuk kembali ke kampung halaman masing-masing.

Namun sebelumnya mereka terlebih dulu melakukan Tawaf Wada (salam perpisahan) dengan Baitullah, dan mereka tidak boleh lagi ke Masjidil Haram hingga persiapan untuk pemulangan.

Dikatakan TPHD Kotabaru, H Fadlani, barang bawaan jamaah akan lebih dulu diberangkatkan ke Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Rabu, (21/9) pukul delapan pagi Waktu Arab Saudi (WAS), dan nantinya sore sekitar pukul 17.20 WAS baru jamaah diberangkatkan ke Jeddah.

"Pemerintah Arab Saudi tahun haji kali ini lebih selektif dalam pemeriksaan barang bawaan jamaah dan apabila ditemukan adanya air zam-zam di dalam koper jamaah maka akan dibongkar," jelas H Fadlani.

Tambahnya lagi, air zam-zam tersebut diibaratkan narkoba yang akan mencelakan semua orang jadi tidak ada toleransi oleh mereka sebab setiap jamaah haji sudah disiapkan lima liter air zam-zam per orangnya. Dan selain itu juga sudah diedarkan pemberitahuan bahwa berat tas koper jamaah hanya 32 kilogram dan tas tentengan tujuh kilogram.

Dalam laporannya melalui siaran langsung di Radio Gema Saijaan (RGS) 102 FM, TPHD Kabupaten Kotabaru, H Fadlani menyampaikan bahwa jamaah haji Kotabaru menginginkan panitia keberangkatan dan pemulangan haji daerah bisa memfasilitasi mereka dengan angkutan bus dari Banjarmasin menuju ke Kotabaru.

"Informasi yang di dapatkan ada sekitar 50 jamaah haji yang nantinya ikut dengan rombongan yang difasilitasi oleh panitia haji daerah," tuturnya. 

Rencananya jamaah haji akan meninggalkan tanah suci, Kamis, (22/9/2016) pukul 03.40 WAS, melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Dan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, pukul. 18.40 Wita.

Disisi lain saat ini di Kotabaru, keluarga jamaah sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan jamaah haji dengan memasang gerbang ucapan selamat datang di depan rumah mereka.










- Penulis : Fadjeriansyah - Editor : Rian - Sumber : Gema Saijaan Online